Tempat Wisata di Kota Solo yang Banyak dikunjungi

By | 10 Januari 2022

MasPasha.com – 12 Tempat Wisata di Kota Solo yang Banyak dikunjungi, Tempat Wisata Paling indah – Kota Solo sebagai nama panggilan dari Kota Surakarta, yakni sebagai salah satunya Kotamadya yang ada di Jawa tengah sisi selatan. Dulu Surakarta sebuah karesidenan, dengan daerah mencakup Surakarta, Boyoali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen dan Klaten. Dulu sempat ada kependekan untuk menyebutkan ke-7 kabupaten di atas, yakni ” Subo Suko Wonosraten “.

Wisata Solo Yang Banyak Dikunjungi Wisatawan

Dalam artikel lain di website ini anda kemungkinan merasakan daftar beberapa tempat wisata paling indah di Kabupaten itu. Tetapi pada artikel ini kami akan secara eksklusif mengulas mengenai tempat wisata di Kota Solo yang harus anda kunjungi. Satu kali lagi khusus objek wisata yang ada di Kota Solo. Perlu kami tekankan seperti di atas karena sekarang ini Surakarta atau Solo telah dijadikan klaster pariwisata dengan objek wisata yang ada di Solo dan kabupaten disekitaran Solo. Untuk daftar tempat wisata yang ada di Solo dan Sekelilingnya akan kami ulas dalam artikel lainnya.

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Bertandang ke Kota solo rasanya kurang komplet jika belum berkunjung Keraton Surakarta. Keraton ini namanya komplet Keraton Surakarta Hadiningrat. Dulu keraton ini ialah sisi dari kerajaan Mataram, tetapi karena persoalan diplomatis dengan Belanda pada akhirnya Kerajaan Mataram ini dibagi jadi 2 yakni Kasunanan Surakarta yang dipegang oleh Pakubuwono III dan Kasultanan Yogyakarta yang dipegang Oleh Pangeran Mangkubumi.

Pangeran Mangkubumi ini selanjutnya bertitel Sultan Hamengku Buwono I sekalian titik awalnya Kerajaan Yogyakarta yang tetap berdiri hingga saat ini. Hingga saat ini keraton Surakarta tetap berdiri dengan tegak. Di dalamnya banyak disimpan beragam warisan Beberapa raja sebelumnya. Pengunjung bisa menyaksikan beragam koleksi dalam Istana ini.

Disamping itu di Keraton Surakarta kerap diadakan upacara tradisi pada beberapa hari tertentu, seperti Sekaten saat malam Maulid nabi dan arak kebo Kyai Slamet di waktu malam 1 Suro. Oleh karenanya sampai saat ini Keraton Surakarta dijadikan Tempat Wisata di Solo yang paling disukai pelancong baik lokal atau mancanegara.

Kebun Binatang Taru Jurug

Kebun Binatang Taru Jurug

Kebun Binatang Taru Jurug

Tempat wisata paling indah di Solo berikut ialah berbentuk kebun binatang. Kebun Binatang Jurug atau nama resminya Taman Satwa Taru Jurug sebagai salah satunya tempat wisata kebanggaan masyarakat Solo. Tempat wisata Kebun Binatang Jurug ini berada di pinggir Bengawan Solo atau tepian dengan Kabupaten Karanganyar.

Tiap hari Minggu dan hari liburan nasional tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh beberapa wisatawan.Wisata Solo Kebun Binatang Jurug ini mempunyai koleksi binatang yang komplet. Situasi di tempat wisata Solo ini juga sejuk dan nyaman hingga benar-benar pas dijadikan tempat kongkow bersama rekan anda.

TRENDING:  10 Destinasi Wisata di Solo yang Lagi Hits Cocok Untuk Liburan

Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka ada di dekat Kompleks Taman Sriwedari Solo. Museum ini sebagai salah satunya museum paling tua di Indonesia. Dalam museum ini lebih banyak simpan beberapa benda yang terkait dengan Kota Solo dan warisan Keraton Mataram. Salah satunya koleksi yang cukup populer ialah koleksi berbentuk porselen yang disebut hadiah dari Napoleon Bonaparte ke Sri Susuhunan Paku Buwono IV.

Tetapi sayang museum ini pernah merasakan narasi jelek yakni berbentuk perampokan beberapa benda koleksi yang sudah dilakukan oleh pelaku keluarga kerajaan Surakarta. Tetapi kasus ini sudah dituntaskan oleh kepolisian. Ini memperlihatkan begitu sejauh ini kita kurang menghargakan riwayat negeri sendiri. Semestinya kita selalu jaga beberapa barang warisan riwayat agar selalu kenang kembali riwayat bangsa sendiri.

Ngarsopuro Night Market Solo

Ngarsopuro Night Market Solo

Ngarsopuro Night Market Solo

Ngarsopuro sebagai sisi dari jalanan di Kota Solo yang disihir sebegitu rupa jadi teritori yang paling nyaman untuk kumpul bersama untuk masyarakat Solo. Teritori Ngarsopuro ini persisnya ada di Jalan Diponegoro atau sisi selatan Pura Mangkunegaran. Di hari biasa tiap malam tempat ini ramai dikunjungi kalangan muda untu sekadar nngkrong.

Tetapi tiap hari Sabtu dan Minggu jam 19.00 – 21.00 WIB tempat ini dijadikan pusat keramaian berbentuk ada pedagang yang menawarkan barang dagangannya untuk pengunjung. Barang yang ditawarkan di Wisata Kota Solo ini ialah berbentuk kerajinan, batik, souvenir, kulineran ciri khas Solo dan barang oleh-olehan lainnya.

Museum Batik Danar Hadi Solo

Museum Batik Danar Hadi Solo

Museum Batik Danar Hadi Solo

Bila anda di luar kota dan sedang bertandang untuk wisata ke Solo kelihatannya kurang komplet jika belum beli batik Danar Hadi sebagai oleh-oleh. Danar Hadi sebagai merk batik terkenal dari Solo. Pakaian batik Danarhadi bisa anda untuk jadikan kenang-kenangan dari Solo yang sangat bagus. Selainnya toko pemasaran, Danar Hadi membuat suatu museum mengenai batik yakni Museum Batik Danar Hadi. Di Museum ini pengunjung bisa menyaksikan koleksi pola beragam jenis batik dari semua nusantara.

Pasar Klewer Solo

Pasar Klewer Solo

Pasar Klewer Solo

Selainnya wisata budayanya, Kota Solo populer dengan wisata belanjanya. Salah satunya wisata berbelanja Solo yang mustahil untuk dilewati ialah berbelanja di Pasar Klewer Solo. Pasar Klewer sebagai pasar yang sediakan beragam jenis kain, batik dan baju paling besar di Solo. Di sini anda bisa beli baju pada harga murah, karena di pasar Klewer tempatnya grosir baju. Tetapi harus diingat jika anda harus juga pintar-pintar menawar harga. Jika tidak pandai menawar bisa jadi justru harga bajunya jadi mahal.

TRENDING:  Tempat Wisata Paling Terkenal DI Inggris

Solo Grand Mall

Solo Grand Mall

Solo Grand Mall

Jika barusan kita mengulas Pasar Klewer yang memiliki konsep pasar tradisionil, saat ini kita akan ulas wisata berbelanja dengan ide kekinian yakni berbelanja ke Solo Grand Mall. Solo Grand Mall atau kerap dipersingkat SGM sebagai Mall paling besar di Kota Solo. Nyaris setiap hari mall ini selalu ramai dikunjungi pengunjung, bagus untuk berbelanja keperluan setiap hari, membeli baju, perhiasana, makan atau bahkan juga sekedar hanya kongkow di foodcourt. Di SGM ada bioskop yang menyiarkan beberapa film terbaru. Mall di Solo ada beberapa bukan hanya Solo Grand Mall saja tetapi ada pula Matahari Singosaren, Solo Square dan Solo Paragon. Anda bisa cobanya bila ada waktu senggang untuk jalanan berbelanja di Solo.

Pusat Grosir Solo

Pusat Grosir Solo

Pusat Grosir Solo

Pusat belanja di Solo yang ini sebetulnya nyaris serupa dengan Pasar Klewer. Tetapi karena pembangunannya lebih baru karena itu situasi di dalamnya semakin nyaman dibandingkan dengan Pasar Klewer. Di Pusat Grosir Solo atau PGS banyak juga sediakan beragam jenis baju mulai dari batik, pakaian, sepatu, tas dll. Harga bisa juga disebutkan bersaing. Lokasi PGS ini satu teritori dengan Keraton Surakarta atau persisnya di samping timur Alun-alun Utara Keraton Surakarta.

Galabo Solo

Galabo Solo

Galabo Solo

Tempat Wisata di Solo berikut ialah berbentuk wisata kulineran yang dibuka saat malam hari. Galabo sebagai ringkasan dari Gladak Langen Bogan yakni seperti pusat kulineran yang ada di Solo dan membuka tiap malam hari. Di lokasi ini ada beragam jenis toko makanan dan jajan yang siap sediakan makanan kegemaran anda.

Toko yang jualan ini pada intinya sebagai toko yang berada di Kota Solo, tetapi dikasih ruangan khusus untuk buka warung di tempat ini hingga pengunjung bisa nikmati beragam jenis makanan pada sebuah lokasi. Makanan yang ditawarkan di Wisata Kulineran Solo ini misalkan bistik, angkringan, sate, bandeng bakar, soto, timlo, gudek dll. Oh iya lokasi Galabo ini sama sesuai namanya ada di teritori Gladak, atau persisnya di muka PGS.

Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari Solo

Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari Solo

Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari Solo

Taman Hiburan Rakyat Sriwedari sebuah taman yang monumental untuk Kota Solo. Di temat ini dari dahulu dijadikan tempat atraksi kesenian tradisional ciri khas Jawa tengah seperti wayang orang, kethoprak dll. Tetapi sekarang ini Taman Sriwedari telah disihir jadi tempat yang lebih kekinian yakni dengan tambahan sarana permainan untuk anak-anak bahkan juga ada pula mini water park. Selainnya sarana permainan ada juga stand penjual makanan dan pentas untuk atraksi musik lokal seperti dangdut, lagu Koes Plus dll.

TRENDING:  6 Tempat Wisata Menarik di Wisata Singkawang

Kampung Batik Laweyan Solo

Kampung Batik Laweyan Solo

Kampung Batik Laweyan Solo

Solo merupakan Kota yang populer akan batiknya hingga tak heran jika di Solo ada daerah batik. Sebetulnya ada 2 daerah batik yang populer di Solo yakni Daerah Batik Laweyan dan Daerah Batik Kauman. Di dua tempat ini sama ada beberapa perajin batik tradisionil. Tetapi beritanya ke-2 tempat ini mempunyai corak yang lain dalam pembikinan batik.

Di Daerah Batik kauman, pola atau corak batik lebih condong gelap, sedang di Laweyan condong gelap. Tetapi tentunya ke-2 tempat ini sediakan oleh-olehan ciri khas Solo berbentuk batik.Tidak komplet rasanya jika tiba bertandang ke wisata Solo tetapi tidak beli batik sebagai oleh-oleh. Daerah Batik Laweyan Solo ini bisa anda untuk jadikan alternative sebagai tempat beli batik di Solo.

Istana/Pura Mangkunegaran

Istana/ Pura Mangkunegaran

Istana/ Pura Mangkunegaran

Sesudah Kerajaan Mataram diperpecah oleh Belanda / VOC jadi Kesultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta, rupanya kritis yang ditemui Kerajaan Mataram ini belum usai. 2 tahun sesudah Kesepakatan Giyanti, Kasunanan Surakarta diperpecah kembali jadi 2 yakni Kasunanan Surakarta dan Mangkunegaran.

Perpecahan ini lewat kesepakatan Salatiga di tahun 1755. Sebagai Raja Mangkunegaran ialah Raden Mas Said yang selanjutnya bertitel Mangkunegoro I. Sekarang ini Pura Mangkunegaran bisa dikunjungi oleh beberapa pelancong yang ingin menyaksikan koleksi warisan zaman dulu, terutamanya berbentuk benda riwayat yang terkait dengan Beberapa raja Mangkunegaran. Disamping itu Pura Mangkunegaran sekarang ini jadi tempat upacara tradisi dan tari Beksan. Wisata riwayat di Solo ini menjadi satu diantara daya magnet tertentu untuk pelancong karena mempunyai bangunan yang unik tempo dulu.

Kota Solo sebagai kota pariwisata selainnya menyuguhkan wisata Solo yang paling Bagus tawarkan beragam jenis moment budaya dan wisata yang paling menari untuk disaksikan. Moment budaya yang diadakan tahunan di Solo misalkan Sekaten, Kirab Keo Bule dan Solo Batik Carnival.

Berekreasi di Kota Solo akan makin hebat jika anda berkeliling-keliling dengan memakai mobil. Nach, bila anda memerlukan jasa persewaan mobil di Kota Solo dengan opsi yang bermacam anda bisa sewa mobil pada dua situs penyuplai jasa persewaan mobil di Solo Berikut yakni DOcar rental mobil Solo dan Ixotransport.
Bali Banten Bengkulu Jakarta Jawa Barat Jawa tengah Jawa Timur Kalimantan Selatan Kalimantan Timur Lampung Maluku NTB Palembang Papua Riau Sulawesi Sulawesi Selatan Sumatera Sumatera Utara Sumatra Yogyakarta

Author: Pasha Yogi Pranata

Bermimpilah Setinggi Mukin Karna DI Dunia Nyata Itu Tidak Seindah Mimpi Mu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *