Struktur Teks Berita Kepala Paragraf​

MasPasha.com – Berita masih jadi narasi yang dibutuhkan oleh siapapun. Karena berita memuat informasi yang dapat membuat pembacanya jadi tahu berita atau peristiwa yang sedang terjadi atau sudah. Di kehidupan sosial tentu saja kita perlu ketahui perkembangan.

Tentu saja, kamu juga pernah dengar atau membaca berita, kan? Telah tahu bagaimana pemahaman, susunan, ciri-ciri, maupun contoh teks berita? Baca terus artikel ini sampai habis, ya!

Pemahaman Teks Berita

Dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), berita adalah ialah narasi atau info berkenaan peristiwa atau peristiwa yang hangat. Dapat disimpulkan sebagai laporan, informasi, dan pernyataan.

Jika secara asal mula kata/etimologi, berita datang dari bahasa Sanskerta, yakni vrit yang memiliki arti ada atau terjadi atau datang dari kata vritta yang memiliki arti peristiwa atau
kejadian.

Ada banyak pemahaman berita menurut pakar. Yang pertama adalah Purnama Kusumaningrat (2005:39) beliau menjelaskan dalam bukunya jika Berita sebagai suatu hal atau seorang yang dilihat oleh media sebagai subyek yang pantas untuk

diberitakan.

Yang kedua adalah menurut Michael V. Charnley dalam Apriadi Tamburaka
(2003:35), berita adalah sebuah laporan paling cepat dari satu peristiwa atau
peristiwa yang faktual, aktual, penting, dan menarik untuk mayoritas pembaca
dan tersangkut kebutuhan mereka.

Dari beberapa pemahaman mengenai berita itu, bisa diambil kesimpulan jika teks berita adalah sebuah tulisan yang memberikan laporan sebuah peristiwa atau suatu hal dengan arah untuk ditebarkan ke publik umum.

Struktur Teks Berita

Struktur teks berita lebih mudah dikenal dibandingkan teks lainnya. Karena sifatnya memakai sistem piramida terbalik. Untuk memperjelasnya, susunan teks berita dikelompokkan sebagai berikut.

Orientasi Berita

Pada bagian ini ada gambaran isi berita secara umum. Dengan demikian, pembaca akan mengetahui berita apa yang dibahas.

Peristiwa

Peristiwa yang diartikan dalam teks berita adalah berisi proses peristiwa dari sejak awalnya sampai akhir sesuai urutan kronologis. Pada bagian ini juga dilengkapi dengan bukti yang ada.
Sumber Berita

Bagian ini umumnya berupa darimana berita itu dimuat atau ditulis. Dapat berbentuk nama media yang digunakan atau nama reporter yang menulisnya

Unsur Teks Berita

Beberapa unsur teks berita adalah pokok-pokok informasi yang membangun teks berita. Pokok-pokok informasi itu didapatkan dari pertanyaan 5W+1H. Yakni What, Who, Where, When, Why, dan How. Dengan bahasa Indonesia, kamu dapat mempersingkatnya dengan ADIKSIMBA. Yaitu kepanjangan dari Apa, Di mana, Siapa, Kenapa, dan Bagaimana.
What

Unsur yang pertama adalah What, yaitu akan menjawab apa kejadiannya?
Who

Unsur yang kedua adalah Who, yaitu akan menjawab pertanyyan siapa yang mengalami peristiwa itu?
Where

Unsur yang ketiga adalah Where, yaitu berupa menjawab pertanyaan di mana peristiwa tersebut terjadi?
When

Unsur yang keempat adalah Where, yaitu berupa menjawab pertanyaan kapan terjadinya peristiwa itu?
Why

Unsur yang kelima adalah Why, yaitu berupa menjawab pertanyaan kenapa peristiwa itu terjadi?
How

Unsur yang paling akhir yaitu How, berupa menjawab pertanyaan bagaimana proses peristiwa itu?

Pola Teks Berita

Pola teks berita bisa dikenal dengan istilah Piramida Terbalik. Piramida terbalik adalah pola penyajian berita atau penyajian informasi yang dipakai dan efektif oleh wartawan-jurnalis di seluruh dunia.

Kepala Berita (Lead)

Pada kepala berita ditulis beberapa informasi paling penting. Umumnya memuat jawaban pertanyaan ‘Apa’, ‘Kapan’, ‘ Siapa’, dan ‘Dimana’. Kepala Berita ditujukan untuk menangkap perhatian dan menarik pembaca berita itu. Kepala berita dapat kamu dapatkan di paragraf awalnya dalam sebuah teks berita.

Tubuh Berita

Pada tubuh berita memuat informasi yang penting. Tubuh berita menyajikan peristiwa dan kronologis yang terjadi. Oleh karena itu, pada tahapan ini menjawab pertanyaan ‘Bagaimana’ dan ‘Mengapa’. Tetapi, ada juga berita yang memberikan ‘Kapan’, ‘ Siapa’, dan ‘Dimana’. pada bagian ini. Badan berita akan kamu dapatkan di paragraf-paragraf isi.

Ekor Berita

Ekor berita adalah berisi mengenai informasi yang kurang penting. Umumnya adalah berbentuk uraian dari badan berita. Kamu akan gampang mendapati ekor berita, karena terletak ada di paragraf-paragraf terakhir.

TRENDING:  Cara Membuat Artikel yang Baik dan Benar

Ciri-ciri Teks Berita

Ada beberapa ciri teks berita yang dapat kamu dalami, salah satunya adalah:

  • Memiliki sifat faktual dan bukan ide atau opini penulis
  • Berita yang diangkat bukan suatu hal yang biasa terjadi
  • Memiliki sifat aktual, yakni peristiwa yang dicatat baru terjadi dan masih fresh, bukan peristiwa lalu
  • Memakai data yang komplet dan dapat dipercaya atau dapat dipertanggungjawabkan
  • Memakai bahasa yang yang standard dan kata baku.
  • Menggunakan kalimat langsung
  • Menggunakan jenis konjungsi temporal dan urutan

Jenis-jenis Teks Berita

Berikut ini adalah jenis jenis berita yang maspasha.com rangkum dan di jadikan satu agar kalian paham dan tidak bingung untuk memahami artikel berikut.

Straight News

Straight news dapat disebutkan berita langsung. Jenis berita ini memakai kalimat yang singkat dan polos. Tidak cuma hanya itu, karakter berita ini juga cepat sekali dan tergantung waktu terbitnya. Straight news sendiri umumnya bisa dijumpai di halaman muka koran. Ada dua jenis straight news, yakni hard soft news dan news.

Hard news memiliki kandungan berita yang penting hingga harus selekasnya dijumpai pembaca. Disamping itu memakai kalimat yang to the point. Sedang soft news sebagai jenis berita simpatisan dan diumumkan tidak langsung.

Depth News

Depth news adalah jenis berita yang karakternya lebih mendalam. Berita depth news lebih fokus untuk mendalami kenapa dan bagaimana peristiwa itu terjadi. Hingga, bisa banyak pembahasan berkaitan peristiwa itu.

Investigation News

Jenis berita ini diperkembangkan berdasar ada penyidikan atau riset pada sesuatu peristiwa atau kasus. Berita interograsi fokus ke satu bagaimana menyelesaikannya dan permasalahan. Wartawan yang menulis berita ini perlu mengeruk lebih dalam mengenai peristiwa dan cari dari beberapa sumber.
Interpretative News

Interpretative News diperkembangkan dari straight news. Karena jenis berita ini seperti berita langsung tapi memuat informasi tambahan mengenai opini atau riset beberapa pakar. Informasi tambahan itu dapat dalam berupa hasil interviu, background peristiwa atau beberapa data berkaitan berkenaan peristiwa itu.
Penilaianon News

Berita penilaian adalah jenis berita yang memuat opini atau penilaian mengenai satu peristiwa yang terjadi. Opini itu dapat datang dari beberapa pakar, warga, maupun akademiki hingga termuat oleh penulis berbentuk berita.

Contoh Teks Berita

Berikut contoh contoh teks berita singkat padat dan jelas, menggunakan tata bahasa sesuai kamus besar bahasa indonesia (KBBI).

Berita Kebakaran

Sabtu (15/4/2015), asap menyelimutinya daerah Riau karena terjadi kebakaran hutan. Rimba 1,5 hektar itu hangus terbakar dan cuman tersisa abu. Petugas Kehutanan bekerja bersama dengan Damkar usaha hilangkan titik api semenjak jam 16.00 WIB. Tapi api betul-betul padam jam 20.30 WIB.

Kebakaran itu disebabkan karena kemarau panjang yang terjadi semenjak 5 bulan terakhir. Disamping itu, diketemukan puntung rokok di samping kiri rimba yang berseberangan langsung dengan perumahan warga.

“Kami usaha cari tahu apa ada unsur tersengajaan atau mungkin tidak berkaitan kasus kebakaran rimba ini” tutur Mulyanto sebagai Kapolsek setempat.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran rimba kali ini. Namun diperkirakan terjadi rusaknya vegetasi alami yang ada di rimba itu.

Berita Banjir

Banjir besar kembali serang kecamatan Waluh, Kabupaten Bogor pada Jumat, 7 Januari 2019. Sebelumnya setelah terjadi pertama kalinya di tanggal 30 Desember 2018. Intensif curahan hujan yang tinggi dan adanya longsor di hilir Sunga Ciangin jadi pemicu banjir besar itu.

Masyarakat yang telah berantisipasi dapat selamatkan barang-barangnya dan ke evakuasi. Tidak ada korban jiwa dan rugi yang besar untuk banjir besar kali ini. Cuman ada dua rumah yang terikut arus dan ambruk.

Masyarakat di luar kecamatan Waluh dengan cepat memberinya bantuan berbentuk kontribusi materil. Seperti, baju, makanan, minuman, dan beberapa uang diberikan lewat posko kecamatan.

TRENDING:  Bagaimana Cara Penyerbukan Bunga Matahari (Lengkap)

Berita Kekeringan

Tubuh Pengendalian Musibah Wilayah (BPBD) Propinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat bergabung untuk pecahkan kekeringan. 30 Mei 2020, BNPB mengatakan ada 160 daerah di ke-2 propinsi itu yang mempunyai resiko kekeringan. 80 daerah di Nusa Tenggara Barat dan 80 daerah di Nusa Tenggara Timur.

Kekeringan ini terjadi karena musim hujan yang akan tiba terlambat. Hal itu juga di-claim oleh BMKG daerah setempat. Curahan hujan di ke-2 daerah itu cuman capai 100 mm. BPBD juga bekerja bersama Tubuh Nasional Pengendalian Musibah (BNPB) untuk cari tahu pennyelesaian permasalahan kekeringan.

“Kami coba cari cara yang efisien untuk menangani kekeringan. BNPB juga selalu memberinya instruksi dan dorongan materil untuk kekeringan di daerah NTT dan NTB.” terang Ario Wibowo sebagai ketua BPBD Propinsi NTT.

Saat ini, BPBD kedua propinsi itu membuat ‘Kampanye Irit Air’ untuk saat ini waktu. Gagasan seterusnya adalah pembikinan sumur bor setiap dusun dan distribusi air bersih 1 minggu sekali.

Berita Cuaca

Tubuh Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Propinsi Banten meramalkan akan terjadi hujan badai pada Senin 17 April 2015 di lima wilayah di Banten. Sedang daerah yang lain hanya hujan sedang. Lima wilayah itu adalah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Serang, Pandeglang, dan Rangkas.

Hujan badai itu disebabkan karena tanda-tanda la nina yang terjadi karena musim penghujan. BMKG juga umumkan untuk warga masih tetap siaga dan masih tetap diam diri di rumah.

“Diharap masyarakat tidak masih tetap siaga dan cemas. Perkiraan hujan badai itu sekitaran 60% betul.” minta Yanto Prayaagung sebagai pimpinan BMKG Propinsi Banten yang dijumpai Minggu 16 April 2015 di kantor BMKG.

Hujan badai luar biasa sempat terjadi di daerah Banten di tahun lalu. Hujan badai itu juga alami rugi besar sekitaran 100 juta rupiah dan menelan korban jiwa 10 orang.

Berita Pendidikan

Dengan dilantiknya Muh Nuh sebagai Menteri Pengajaran dan kebudayaan terkini, beliau mengubah KTSP 2006 jadi Kurikulum 2013. Kurikulum itu mulainya berlaku 15 Juli 2013 dan siap untuk tahun tuntunan 2013-2014.

Kurikulum 2013 (Kurtilas) baru diimplemantasikan pada beberapa sekolah dan belum serempak di semua daerah di Indonesia. Jumlah sekolah itu adalah sekitar 6.326 di sejumlah daerah Indonesia yang telah terima training dan peningkatan dari kementrian.

Salah satunya yang berlainan dari Kurtilas dengan kurikulum awalnya adalah faktor penilaian. Pada kurtilas ada empat faktor penilaian, yakni faktor pengetahuan, faktor ketrampilan, faktor faktor religius, dan sosial.

Berita Sosial

Komisi Nasional Wanita (Komnas Wanita) membuat program Konseling Virtual lewat program Zoom. Program itu di-launching di tanggal 12 Maret 2020 dengan disahkan langsung oleh ketua Komnas Wanita yakni Sri Mawarti.

Konseling virtual itu dapat dipakai oleh semua wanita di Indonesia dengan register lewat website www.komnasperempuan.go.id. Sebagai mana yang kita mengetahui, masih jumlahnya kasus kekerasan pada wanita, membuat Komnas Wanita ingin terjun langsung arahkan dan jadi tempat pelindungan untuk beberapa korban, satu diantaranya dengan cara virtual.

“Yang tertarik dapat mengkases situs itu dan cuman isi form. Kelak ditetapkan janji jumpa untuk konselingnya dan dituntun dengan konsultan dari kami” tutur Sri Mawarti

Konseling virtual ini diharap sanggup jadi fasilitas yang efisien untuk menolong persoalan beberapa wanita di Indonesia. Meskipun pada kondisi darurat berkaitan penebaran virus korona ini.

Berita Ekonomi

30 Juni 2020, nilai ganti rupiah kuat sekitaran Rp. 13.939 per dolar AS. Hal itu diverifikasi oleh Sri Mulyani, sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia.

Dengan kuatnya rupiah per dolar AS, salah satunya factornya karena dampak keteganagan di antara AS dan China yang makin menghangat.

“Kemelut di antara AS dan China semakin meningkat dan ikut memacu pelemahan nilai ganti dolar AS pada nilai ganti mata uang yang lain, satu diantaranya adalah rupiah. Hal itu karena jalinan AS dan China yang makin lebih buruk, hingga terjadi pelemahan ekonomi As,” Tutur Ariston diambil dari Di antara, Jumat (29/5/2020).

TRENDING:  Ini Dia Kuliah Online Learning

Berita Infotainment

Vincent Desta Show With Hesti dan Enzy diberitakan stop tampil di Youtube di tanggal 27 Mei 2020. Acara humor itu sebuah program live di Youtube di hari Senin, Kamis, dan Sabtu jam 21.00 WIB.

Ke-4 host komedian itu berpindah ke Tonight Show kembali ke 1 Juni 2020. Sebelumnya setelah hiatus sepanjang bulan Ramadan.

Program live itu jadi fasilitas selingan untuk warga dengan kejenakaan ke-4 hostnya. Guest star yang pernah diundang dalam program itu salah adalah Ari Lasso, Dokter Boyke, dan famili-kerabat dekat Vincent atau Desta.

Berita Wisata

Bogor selalu menambahkan daya tarik dengan keelokan alamnya. Satu diantaranya adalah Curug Cikuluwung yang ada di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Curug Cikuluwung dibuka untuk umum di tahun 2017 dan langsung jadi perhatian beberapa wisatawan.

Camat Pamijahan memberikan Curug Cikuluwung sebagai curug tujuan rekreasi yang berada di daerahnya. Saat dijumpai di kantornya Senin (1/4/2017), Camat Pamijahan berusaha untuk melegalkan curug itu ke Dinas Pariwisata Kabupaten Bogor. Dia memberi pesan ke warga sekitaran dan pelancong untuk jaga kebersihan dan keasrian Curug Cikuluwung.

Tidak ada ongkos masuk untuk berkunjung Curug Cikuluwung. Cuman bayar parkir sebesar RP.5000 untuk motor dan Rp. 10.000 untuk mobil. Disamping itu, dikontrakkan jaket pelampung dengan harga Rp.20.000.

Berita Kuliner

Kulineran ciri khas nusantara jadi daya tarik di luar negeri, satu diantaranya adalah Nasi Liwet. Pada acara The Food Festival Sydney, Australia di tanggal 23 Juni 2018, pondok nasi tumpeng Mbok Rim laris terjual habis.

Mbok Rim sebagai pemilik rumah makan di Sydney akui terharu, karena masakannya dicintai beberapa orang di negeri kangguru ini. Nasi liwet yang diperlengkapi ikan asin, sambal, dan lahapan itu dipasarkan pada harga 10 dollar Australia atau sama dengan Rp.100.000

“Ini festival ke-2 yang kami ikuti. Pada tahun yang lalu juga kami habiskan 200 jatah dalam sehari. Tahun ini kami membuat semakin banyak, yakni 300 jatah” Tutur Mbok Rim, pebisnis kulineran yang sukses di Australia.

Berita Lalu Lintas

Kemacetan terjadi di Tol Jagorawi Km 42 di tanggal 20 Juni 2016, pagi hari. Kemacetan sejauh empat kilo mtr. itu karena ada tubrukan berturut-turut beberapa tiga mobil.

Mobil losbak yang berisi sayur dari arah Bogor ke Jakarta tetiba mengerem tiba-tiba dan membuat 3 mobil avanza dengan seri berlainan sama-sama tubruk beruntun. Hal tersebut karena sopir losbak mengantuk. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, kemacetan makin kronis pada jam 7.00 WIB karena jam masuk kantor.

Petugas kepolisian sukses penyelamatan pada jam 8.00 WIB dan jalan tol kembali lancar meskipun beberapa puing mobil masih berbekas di lokasi.

Berita Gempa

15 Juli 2019, BMKG umumkan ada gempa 4,2 rasio richter di Y sekelilingnya dan ogyakarta. BMKG memverifikasi, gempa itu terjadi pada jam 18.20.23 WIB.

“Bila disaksikan dari episentrumnya, gempa itu sebagai gempa bumi dangkal. Jadi diharap masyarakat tidak panik.” tutur Satyo Wiranto kepala BMKG Yogyakarta.

Beliau juga menambah gempa bumi itu tidak ada hubungannya dengan kegiatan Gunung Merapi dan murni gempa tektonik.

Berita Internasional

Figur Hollywood seperti Tom Brady dan LeBron James ikuti meriah Halloween pada 30 Oktober 2019. Acara pesta Halloween itu diadakan di Gedung Dolby Hollywood, Los Angeles.

Acara pesta Halloween itu sebagai acara tahunan yang diadakan oleh Hollywood. Beberapa artis dan aktris berhias semenakutkan kemungkinan sama sesuai topik yang diangkat, yakni ‘Hollywood in The Horror’.

About Pasha Yogi Pranata

Bermimpilah Setinggi Mukin Karna DI Dunia Nyata Itu Tidak Seindah Mimpi Mu.

Check Also

Apa Itu Blogroll Dan Apa Bedanya Blog Roll Gratisan Sama Blog Roll Premium

MasPasha.com – Blogroll adalah daftar link di blog, umumnya di sidebar untuk akses gampang, yang …