Pengertian Bitcoin Taproot Beserta Cara Kerjanya

Kenaikan jaringan Bitcoin pertama kali dalam 4 tahun berjulukan Taproot, barusan disepakati oleh penambang di semua dunia.

Ini adalah peristiwa kesepakatan yang sangat jarang antara beberapa penopang kebutuhan. Sahabat Cuan harus baca nih, masalahnya ini adalah peristiwa penting untuk perubahan Bitcoin ke depan.Taproot akan mulainya berlaku di bulan November. Saat itu terjadi, hal tersebut akan memiliki arti privacy dan efektivitas transaksi bisnis yang lebih besar. Dan yang paling penting, ini akan buka kekuatan kontrak pandai (smart contract), feature khusus dari tehnologi blockchain yang hilangkan mediator, bahkan juga dari transaksi bisnis yang paling kompleks sekalinya.

“Taproot penting, karena buka kesempatan yang luas untuk pebisnis yang berminat untuk meluaskan utilitas Bitcoin,” kata Alyse Killeen, Pendiri dan Partner Pengurus Stillmark, perusahaan ventura yang fokus pada Bitcoin.

Tidak seperti kenaikan Bitcoin pada 2017 yang dikatakan sebagai “perang saudara paling akhir” karena ketidaksamaan ideologis yang pisahkan penganutnya, Taproot mempunyai support yang nyaris universal. Hal tersebut karena peralihan ini sebagai kenaikan setahap pada code Bitcoin.

TRENDING:  Pengertian Bitcoin Cash dan perbedaan dengan Bitcoin

Apa Itu Bitcoin Taproot?

Taproot Bitcoin akan memberikan ruangan untuk Bitcoin untuk berkembang. Karena untuk pertamanya kali dalam riwayat, feature kontrak pandai diterapkan pada Bitcoin, sebuah feature yang sejauh ini cuman terjadi di ekosistem Ethereum.

Oleh karena itu, up-grade Taproot akan fokus di pembaruan keamanan transaksi bisnis. Nach, karena itu tidaklah aneh bila target khusus pembaruan jaringan ini ada di masalah keamanan tanda-tangan digital.

Kenapa tanda-tangan digital jadi penting?

Ini dipandang penting karena tanda-tangan digital dalam mekanisme cryptocurrency dipandang seperti sebagai sidik jemari yang ditinggal seorang pada tiap transaksi bisnis yang mereka kerjakan.

Sekarang ini, cryptocurrency memakai suatu hal yang disebutkan “Elliptic Curve Digital Signature Algorithm”, yang dibikin dari kunci individu yang mengatur dompet Bitcoin dan pastikan jika Bitcoin cuman bisa dibelanjakan oleh pemilik yang sah. Nach, dalam up-grade Taproot, tanda-tangan digital akan berpindah ke suatu hal yang dikenali dengan tanda-tangan Schnorr.

TRENDING:  Pengertian Litecoin di dalam crypto

Keutamaan Mekanisme Pertanda Tangan Baru di Mekanisme Blockchain Bitcoin

Menurut Wakil Presiden perusahaan pool penambangan Bitcoin Hong Kong Poolin Alejandro De La Torre, tanda-tangan Schnorr akan membuat transaksi multi-tanda tangan tidak dapat dibaca.

Dalam prakteknya, itu memiliki arti privacy yang semakin besar, karena sandi kamu tidak banyak memiliki eksposur pada setiap rantai transaksi bisnis (chain) yang ada dalam mekanisme blockhain.

Hal itu dipandang dapat tutupi kekurangan jaringan blockchain Bitcoin sepanjang ini. Mengapa begitu?

Saat transaksi bisnis Bitcoin dicatat dalam mekanisme blockchain, karena itu catatan-catatan itu akan memiliki sifat publik. Terhitung menunjukkan detil-detil berkaitan faksi yang turut serta dalam transaksi bisnis itu.

Sayang, ini buat beberapa faksi makin gampang menginjak beberapa data faksi yang berbisnis dengan Bitcoin, terhitung pemerintah. Walau sebenarnya, sama sesuai semangatnya, Bitcoin dan cryptocurrency yang lain adalah ekosistem yang semestinya terdesentralisasi.

Langkah Kerja Bitcoin Taproot dan Faedahnya

Mekanisme Taproot akan membuat semua pihak yang berbisnis di jaringan blockchain Bitcoin kelihatan transaksi bisnis standard — walau berisi transaksi bisnis kompleks di dalamnya. Mereka dapat lakukan hal tersebut dengan memadukan kunci-kunci khalayak (public keys) dan memadukan tanda-tangan digital mereka memakai tanda-tangan Schnorr.

TRENDING:  Bitcoin Menurut Pandangan agama Islam

Mengakibatkan, mekanisme blockchain Bitcoin cuman memerlukan sedikit data untuk mengolah transaksi bisnis. Hingga, biaya kontrak pandai dapat semakin murah dan dilaksanakan dalam rasio yang lebih kecil. Hingga, tidaklah aneh bila kenaikan fungsionalitas dan efektivitas ini dipandang mendatangkan “kekuatan yang menakjubkan.”

Mengapa begitu? Argumennya gampang saja, Sahabat Cuan. Kamu tentu sudah menyaksikan bagaimana tehnologi smart contract berjalan pada mekanisme Ethereum, kan? Di mana, mekanisme itu buat token-token asset kripto dapat jalankan peranan “riil” seperti mata uang biasa.

Nach, oleh karena itu, mekanisme Taproot nanti membolehkan pemakai Bitcoin memakai tokennya untuk transaksi bisnis apapun. Dimulai dari bayar sewa tiap bulan, bahkan juga sampai mendaftar nomor kendaraan.

About Pasha Yogi Pranata

Bermimpilah Setinggi Mukin Karna DI Dunia Nyata Itu Tidak Seindah Mimpi Mu.

Check Also

Pengertian Litecoin di dalam crypto dan kelebihannya

Pengertian Litecoin di dalam crypto

Meskipun tidak ada kepastian yang tepat berkenaan siapa Satoshi Nakamoto, pembuat Bitcoin, tetapi ada beberapa …