Cara Membuat Artikel Yang Baik Dan Benar Dan Contoh Artikel

MasPasha.com – Artikel adalah karangan pendek, berkisar di antara 300 sampai 1.000 kata, yang membahas topik tertentu yang ditujukan untuk menyampaikan pemikiran pada sebuah realita, baik berbentuk bukti, pendapat tertentu atau ide.

Bagaimana cara menulis artikel dengan baik?

Sebetulnya menulis artikel dasarnya sama (termasuk artikel yang banyak ditanyakan di atas). Satu perihal yang penting jadi perhatian dalam menulis artikel adalah JENIS artikel apa yang ingin anda tulis. Jika anda tidak paham jenis artikel apakah yang anda catat, susah diharap artikel anda akan sukses menarik minat baca karena artikel anda belumlah jelas formatnya.

Nach, dalam hidangan hangat ini kali saya akan tolong anda menerangkan langkah membuat semua jenis artikel berikut saya uraikan misalnya di depan anda.

Langkah-langkah Menulis Artikel Secara Umum

Pada dasarnya, langkah-langkah menulis artikel bisa kita bagi jadi 5 point utama berikut:

  • Tetapkan Tema. Topik sebaiknya spesifik. Makin detil makin menarik minat baca.
  • Tentukan Arah penulisan. Umumnya artikel, apa lagi dalam artikel jenis deskripsi dan narasi, tidak mengatakan arah penulisan secara tertulis, tetapi tersurat.
  • Definisikan gagasan permasalahan atau dasar. Umumnya pendefinisian permasalahan berbentuk pertanyaan.
  • Namun dalam penulisan artikel deskripsi dan narasi, rumusan permasalahannya tidak tertulis tetapi terselinap dibalik jalur tulisan (Kelak saya terangkan dengan contoh di bawah).
  • Bangun topik dan ulasan sesuai jenis artikel (Penjelasan selanjutnya saya jabarkan dibawah).
  • Buatlah kesimpulan. Kesimpulan bikinnya mudah. Anda dapat membuat dengan baik bila logika atau alur artikel anda benar.

Begitu beberapa langkah penulisan artikel secara umum. Sedangkan beberapa langkah rincinya harus anda sesuaikan dengan wujud atau jenis artikel yang ingin anda tulis. Karena setiap wujud atau jenis artikel mempunyai cara penulisan berbeda.

Artikel Deskripsi

Artikel deskripsi adalah cerita yang mempunyai tujuan untuk menulis deskripsi satu bukti hingga pembaca bisa memikirkannya dalam benak. Saya lebih sukai menyebutnya sebagai artikel gambar. Karena 100 % artikel ini berisikan deskripsi kondisi, peristiwa, kejadian.

Cara Penulisan Artikel Deskripsi

  • Tentukan object, baik berbentuk keadaan atau ide yang ingin dideskripsikan.
  • Tentukan tujuan penulisan (tersirat).
  • Tentukan rumusan ide pokok (tersirat).

Kembangkan tulisan jadi urut-urutan. Apakah berdasarkan posisi waktu: pagi-siang-sore; atau posisi jam 1, jam 2, jam 3; atau posisi tahun: tahun 2000, tahun 2003, tahun 2005; atau memakai posisi tempat: dari tepi ke tengah; dari pangkal ke ujung; atau kita ingin menggunakan posisi kebutuhan: dari yang terpenting, penting ke yang kurang penting.

Tutup dengan paragraf yang menyimpulkan objek yang dideskripsikan.

Oya, penulis artikel deskripsi pada contoh di atas memakai tehnik peningkatan berdasar posisi tempat. Penulis memvisualisasikan kisah hidupnya saat wisata ke Pantai Pulau Datuk. Ia memvisualisasikan cantiknya perjalanan di pantai itu dari sejak awalnya sampai akhir perjalanan secara runut. Sang penulis ingin Anda (pembaca) menyaksikan, rasakan, alami apa yang dia alami dan rasakan.

Persyaratan berhasil bikin artikel deskripsi adalah, pertama: semakin banyak indera yang kita ikutsertakan semakin baik karena pembaca segera dapat rasakan, memikirkan bahkan juga turut alami apa yang kita lukiskan. Dari contoh artikel di atas misalkan pada judul: Semburat Senja… Sang penulis ingin kita menyaksikan senja.

Ke-2 , tidak boleh masukan penilaian atau opini anda di dalam artikel. Dasar artikel deskripsi adalah MENGGAMBAR atau MELUKIS, jadi gambar dan lukislah apa yang ada, pure alias murni ajak pembaca untuk menyaksikan kondisi atau realitas atau pengalaman yang anda alami dan rasakan.
Artikel Narasi

Artikel jenis ini diperuntukkan untuk bercerita satu kondisi atau keadaan, baik berdasar posisi posisi peristiwa atau waktu. Saya lebih sukai memberikan nama sebagai artikel cerita.

Ya, seperti narasi (novel, cerpen, komik, dongeng, film, sinetron, dll), dalam artikel narasi harus ada penokohan, seperti pada narasi pada umumnya. Si figur dilukiskan sebagai figur yang bergelut dengan permasalahan dan memiliki konflik dengan kehidupan. Dan dia usaha memenangi pertarungan itu. Ada perselisihan kehidupan membuat tulisan jenis ini menarik minat baca. Karena jika tidak ada perselisihan, karena itu sebuah narasi bisa menjadi hambar.

Cara penulisan artikel narasi

  • Tentukan tema.
  • Tentukan arah (tersirat).
  • Tentukan rumusan gagasan pokok (tersirat).
  • Kembangkan tulisan dengan membuat jalan cerita: awalnya – tengah – akhir. Sisi awalnya bikinlah pembukaan yang menarik; sisi tengah deskripsikan pertarungan hidup si figur sampai pada pucuk perselisihan alias klimaks; di bagian akhir selesaikan dengan anti ending dan klimaks.
  • Kemudian, bikinlah anti klimaks sebagai penutup.

Persyaratan sukses menulis artikel narasi adalah pada kekuatan kita menyuguhkan perselisihan yang dirasakan figur narasi dan bagaimana si figur menanggapi permasalahan itu dengan triknya sendiri. Semakin luar biasa perselisihan, semakin luar biasa sikap si figur, semakin menarik artikel itu.

Oya, dalam menulis narasi, kita (penulis) bisa menyelipkan penilaian atau pesan yang terdapat dalam cerita. Namun penilaian atau pesan terpasang, tersurat, tidak tersurat. Pesan narasi bersatu dalam jalan cerita dan tidak diobral secara fulgar seperti artikel argumentasi. Mirip contoh pada tulisan biografi Ir. Soekarno di atas, pesan dalam artikel menunjukkan: perjuangan tanpa mengenal capek menjaga kemerdekaan dan raih.

Artikel Eksposisi

Artikel jenis ini sebagai cerita yang mempunyai tujuan untuk merinci satu topik. Bisa berbentuk rincian mengenai pengertian, peranan, sisi dan manfaat satu konsep. Dapat berbentuk cara, langkah atau proses kerjakan sesuatu. Saya lebih sukai mengatakan sebagai artikel pameran.

Saya sebutkan artikel pameran karena keunikan artikel ini adalah memperlihatkan beberapa poin, urut-urutan angka, step by step cara, menyejajarkan pengertian, dll. Kadang ada elemen penilaian individu dalam artikel jenis ini, kadang tidak (khususnya pada penjelasan pengertian ilmiah).

  • Cara Penulisan Artikel Eksposisi
  • Tentukan tema.
  • Tentukan arah (tersurat).
  • Tentukan rumusan ide pokok (tersurat).

Ciptakan tulisan sama sesuai arah. Jika cerita diperuntukkan untuk menerangkanpengertian, karena itu bangun cerita dengan menyuguhkan data dan bukti untuk memperkuat proses atau pengertian. Jika anda ingin menerangkan langkah, bikinlah beberapa tahapan dari sejak awalnya sampai akhir secara mekanismeatis. Jika anda ingin menerangkan manfaat, bikinlah manfaatnya satu persatu. Apabila cerita diperuntukkan untuk menerangkan proses, karena itu uraikan prosesnya.

Beri ringkasan

Contoh artikel ini bisa anda dapatkan bersebaran di internet yang terkait dengan: pengertian, peranan, faedah, peranan, atau artikel yang berisi tutorial lakukan suatu hal alias How To. Jenis tulisan pada perumpamaan ini adalah sejenis How To, yakni langkah menulis kepustakaan dari internet.

Menurut saya (sesudah eksper menulis artikel semenjak tahun 2009), artikel eksposisi terutamanya jenis how to adalah artikel yang termudah dikerjakan (khususnya untuk menulis artikel di blog). Karena kita menulis beberapa hal yang memiliki sifat ringkas tanpa penjelasan tanpa analisis mendalam. Artikel yang kemungkinan cukup sulit adalah menulis pengertian ilmiah, karena kita betul-betul harus cari literatur yang paling dipercaya untuk memberikan keyakinan pembaca.

Artikel Argumentasi

Artikel ini berbentuk cerita penilaian (opini individu, oranisasi atau lembaga). Penulisannya didasari oleh kritikan pada sesuatu opini, peraturan atau kondisi. Penulis umumnya akan masukkan penilaian individu atau kelompoknya di dalam tulisan secara fulgar, pasti dengan data atau bukti yang mendukung. Hingga gagasannya dapat menarik support dari pembaca. Saya lebih sukai menyebutnya sebagai artikel pendapat.

Cara Penulisan Artikel Argumentasi

  • Tentukan masalah/ tema.
  • Tentukan arah (tersurat).
  • Tentukan rumusan permasalahan (tersurat).
  • Bangun cerita dengan menyuguhkan data dan bukti untuk memperkuat opini sendiri dan dapat lemahkan opini seseorang (jika ada).

Beri kesimpulan

Menurut saya, artikel jenis ini paling susah dicatat (khususnya pemula). Karena kita perlu memburu data dan bukti kuat-meyakinkan untuk memberikan dukungan opini kita. Selain itu, saya kerap menyaksikan banyak penulis pemula yang mengeluhkan penilaiannya tidak termuat di koranatau media massa tertentu walau sebenarnya telah cobanya berkali-kali.

Sebetulnya, berpendapat atau berpendapat itu gampang, asal argumen kita meyakinkan. Persyaratan sukses menulis artikel argumentasi adalah: Anda betul-betul harus kuasai permasalahan plus BANYAK MEMBACA. Janganlah sampai kita ditertawakan karena ada info yang ganjil atau mungkin tidak rasional atau salah kutip atau kedaluwarsa yang kita masukan ke artikel.

Artikel Persuasi

Artikel jenis ini terkenal dengan arikel motivasi. Karena penulisannya memiliki sifat merayu alias persuasif. Dampaknya bisa gerakkan pembaca untuk lakukan atau ikuti suatu hal dan kebalikannya tinggalkan sesuatu. Saya lebih sukai menyebutnya sebagai artikel bujukan.

Artikel ini umumnya sering dipakai oleh pelaku bisnis, konselor, agamawan, psikiater, terapi, pengambil peraturan dan siapa yang ingin membawa publik untuk ingin, ikhlas, semangat, semangat mengaminkan dan tidak menampik apa yang mereka tawarkan.

TRENDING:  Apa itu SEO? Pengertian, Konsep Dasar, dan Manfaatnya Bagi Seorang Blogger

Cara Penulisan Artikel Persuasi

  • Tentukan permasalahan/ tema.
  • Tentukan arah (tersurat).
  • Tentukan rumusan ide dasar (tersurat).
  • Bangun cerita dengan menyuguhkan data dan bukti untuk memberikan keyakinan seseorang hingga bisa gerakkan pembaca untuk kerjakan menjauhi dari terburukan dan kebaikan.

Beri ringkasan

Kita akan betul-betul sukses menulis artikel jenis ini adalah: Kita harus alami, rasakan (atau sedikit alami/ rasakan) apa yang kita ingin seseorang rasakan dan alami. Hingga kita dapat semangat merayu orang untuk ikuti pesan dalam tulisan kita. Jika kita semangat, pembaca akan semangat membacanya. Dan keinginan kita semoga mereka tergerak dan menyepakati ajakan kita. Meskipun mereka tidak/ belum mengaplikasikan ajakan kita, minimum mereka menyetujui dan sepakat.

Artikel SEO

Artikel SEO adalah artikel yang diperuntukkan untuk memaksimalkan penelusuran keyword di website mesin pencari seperti gooogle. Dia bukan satu jenis artikel tersendiri. Dia adalah artikel yang diperuntukkan khusus untuk menulis online di situs atau website. Jenis artikelnya sama dengan artikel yang telah saya sebutkan di atas. Artikel SEO dapat berbentuk deskripsi, narasi, eksposisi, persuasi atau argumentasi. Namun perlu penataan tertentu supaya mesin perayap, seperti google, gampang merayap dan mengidentifikasi topik sebuah website atau situs.

Pokok dari menulis artikel SEO adalah: mengaplikasikan ketentuan mesin perayap dalam menulis artikel hingga robot penjelajah mesin itu gampang mencari dan menyarankan tulisan kita tampil di halaman muka hasil penelusuran. Info selanjutnya silahkan baca tulisan saya ini: Langkah Menulis Artikel SEO Friendly

Elemen Unsur Dalam Menulis Artikel Ilmiah

Unsur-Unsur Dalam Menulis Artikel Ilmiah – Artikel ilmiah adalah satu kreasi ilmiah yang dicatat untuk termuat dalam jurnal ilmiah dengan tata cara penulisan yang ikuti dasar atau pakta ilmiah yang sudah diputuskan atau disetujui.

Kadang-kadang Artikel ilmiah bisa diangkat hasil dari penelitian lapangan atau laboratorium, hasil pertimbangan dan pengkajian pustaka, atau hasil peningkatan proyek. Artikel ilmiah telah diuraikan jika tulisan ini memiliki sifat struktural dan ilmiah.

Oleh karenanya artikel ilmiah bisa juga memakai beberapa angka statistik berbentuk tabel atau nontabel, yang memvisualisasikan satu object ulasan hasil dibanding sebuah penelitian baik berdasar contoh atau komunitas. Publisitas artikel ilmiah berbentuk jurnal ilmiah ditujukan untuk berkomunikasi ide atau penemuan yang perlu untuk dipahami oleh pembaca.

Secara umum ide yang di catat berbentuk artikel adalah ide atau penemuan baru yang memiliki originalitas dan memiliki bantuan tinggi pada perkembangan ilmu dan pengetahuan dari penemu nya. Bila ide yang dicatat telah umum umumnya penulis menumpahkannya berbentuk diktat atau buku.

Dalam penulisan artikel ilmiah tidak terus-terusan kuasai susunannya saja. Tapi ada pula data simpatisan lain, yang remeh tetapi benar-benar memberikan dukungan artikel ilmiah Anda mempunyai dapat dipercaya dan memperoleh point lebih. Untuk pelajari lebih detil tehnik penulisan artikel ilmiah yang betul, berikut sejumlah keterangan nya yang kemungkinan bisa Anda diterapkan dan coba.

Pemahaman Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah sebagai tulisan yang berisi laporan struktural mengenai hasil study atau hasil penelitian yang dihidangkan ke komune ilmiah tertentu, yang disebut publik tertentu dengan arah mengomunikasikan hasil penelitian dan kontributor untuk refleksi, pembahasan dan dialog tercatat dan lisan. Publik khusus dimengerti sebagai pelajar, guru, periset, dan periset.

Wujud artikel ilmiah bisa berbentuk artikel asli, mini ulasan, ulasan, sampai shortcommunication berbentuk catatan atau komentar. Dalam artikel ilmiah ada 4 dimensi yang penting jadi perhatian, yakni:

Ukuran hasil pertimbangan di suatu object interograsi, yang bisa berbentuk hasil penelitian atau ide analitis krisis
Dimensi bahasa yang dicatat sebagai alat menyuguhkan hasil pertimbangan penulis berbentuk kesatuan arti dan spidol eksplisit untuk jalinan kesatuan arti Dimensi struktural dibikin sebagai ciri-ciri pembanding di antara wujud tercatat dari artikel dan wujud tercatat yang lain Ukuran aturan, font yang perlu dituruti adalah universal (umum) atau lingkungan.

Fungsi dan Tujuan Artikel Ilmiah

Fungsi : Sementara untuk peranan dari artikel ilmiah terdiri jadi tiga, yaitu sebagai referensi, untuk sumber untuk tingkatkan wacana, dan menebarluaskan pengetahuan pengetahuan.

Tujuan : Artikel ilmiah mempunyai tujuan sebagai dasar kenapa penting untuk dibikin, berikut arah dari artikel ilmiah.

  • Menyampaikan ide.
  • Memenuhi tugas dalam study.
  • Untuk membahas ide pada suatu rapat atau tatap muka.
  • Sebagai bagian dalam lomba.
  • Untuk menebarkan pengetahuan / hasil penelitian.

Beberapa unsur artikel bisa disimpulkan sebagai sisi yang isi sebuah artikel ilmiah. Berikut adalah unsur-unsurnya :

1. Judul

Judul adalah kepala tulisan yang menggambarkan isi artikel secara kesemuaan. Judul artikel ilmiah jangan panjang-panjang, optimal 14 kata untuk artikel bahasa Indonesia dan 12 kata untuk bahasa inggris.

2. Penulis

Sebagai pihak yang membuat atau menulis kreasi ilmiah.

3. Abstrak

Sebagai rangkuman dari karya tulis ilmiah. Abstrak umumnya di dalam 2 bahasa yakni bahasa bahasa inggris dan indonesia. Di dalamnya ada rangkuman background, sistem penelitian yang dipakai, hasil ringkasannya dan penelitian. Biasanya abstrak mempunyai batas tertentu, dan cuman bisa di dalam 1 helai saja.

4. Pendahuluan

Berisi mengenai background, arah dan faedah penulisan kreasi ilmiah.

5. Pengkajian Teori

Berisi mengenai teori dasar yang memicu penulisan kreasi ilmiah.

6. Sistem Penelitian

Berisi mengenai keterangan sistem penelitian yang dipakai, terhitung jumlah analitisnya dan informan.

7. Hasil Penelitian dan Ulasan

Elemen yang ke-7 adalah hasil pembasahan dan penelitian. Atas sesuatu yang ditelaah dituangkan dalam bab ini dan diulas secara mendalam sesuai prosedurnya.

8. Penutup

Penutup kreasi ilmiah terbagi dalam ringkasan, anjuran dan kritikan.

9. Daftar Pustaka

Sisi paling akhir berisi data publisitas yang digunakan penulis dalam membuat artikelnya.
Elemen dalam Menulis Artikel Ilmiah

Menulis Ilustrasi

Ilustrasi dalam masalah ini bisa disimpulkan sebagai pelukisan akan suatu hal, dapat berupa tabel, gambar, grafik, peta, denah, diagram dan ada banyak wujud lain.

Kehadiran contoh yang kerap dijumpai di artikel ilmiah sebetulnya memiliki sifat simpatisan. Jadi tujuan dari simpatisan dalam masalah ini adalah sebagai alat tolong yang karakternya sebagai suplemen. Adapun ketentuan yang penting disiapkan saat akan menumpahkannya, yakni perlu merujuk ke panduan penulisan.

Menulis Tabel

Penulisan tabel biasanya dicatat secara terpisah dari text nya. Penyuguhan penulisan tabel perlu dibubuhkan angka. Berkaitan dengan penulisan angka, dapat diurutkan ikuti angka arab.

Satu poin utama saat memberinya nomor pada tabel, dibikin dalam halaman terpisah. Ada ketentuan yang tidak diperbolehkan saat menulis tabel, yakni mengenai garis vertikal.

Sedang untuk garis horizontal cuman dibolehkan tiga kolom, yakni dua di bagian judul kolom dan satu di bagian penutup tabel. Dalam kata lain, penulisan tabel perlu dilaksanakan proses ubah, supaya sama sesuai pola lebih rapi dan penulisan.

Tabel Ilmiah

Tehnik menulis tabel, Anda perlu memerhatikan apa judul tabel itu dicatat disamping sisi mana. Lihat juga, apa penulisan dicatat memakai huruf left justification atau italic.

Penulisan tabel ilmiah pada artikel jurnal pada umumnya dicatat memakai kata tabel sekalian nomor tabel dengan cetak tebal. Banyak yang tidak memerhatikan style penulisan (miring atau ditebalkan) atau mungkin tidak jadi perhatian juga pertanda baca seperti pertanda pertanda kurung atau koma.

Gambar

Gambar pada artikel ilmiah dalam masalah ini ada yang berupa diagram, grafik, photo, bagan, peta, denah dan wujud gambar yang lainnya. Dari semua jenis wujud gambar itu data yang diuraikan menjelaskan beberapa angka hasil data atau penilaian.

Khusus tambahan gambar, yakinkan telah disamakan dengan ketetapan jurnal yang bakal dituju. Pada konsepnya, penyuguhan data ini sebagai wujud untuk menyuguhkan data. Jadi gambar disertakan pada halaman terpisah. Penulisan gambar serupa saat menulis daftar tabel, yakni perlu ditulis nomor info gambar dan gambar. Perannya supaya tidak memusingkan faksi pengulas atau editor. Bikinlah identitas pada gambar itu.

Ilustrasi

Ilustrasi sebagai simpatisan data saja, sebagai penguat data saja. Sama sesuai perannya, sebagai simpatisan data, sudah tentu contoh berkekuatan untuk tingkatkan integritas dan kepercayaan jika artikel ilmiah Anda, betul-betul benar, baik dan ilmiah. Karena ada sumber dan simpatisan data yang terang.

7 Cara Membuat Artikel yang Baik untuk Pemula

Saat ini sebagian besar orang pintar menulis. Khususnya pintar menuliskan kalimat dalam social medianya, dan tanpa mereka ketahui mereka sanggup menulis. Tapi cuman sedikit saja yang bisa tuangkan tulisannya secara baik. Tulisan atau artikel yang bagus yakni bisa berpengaruh atau berguna pada pembacanya. Bila anda ingin membuat artikel secara baik, karena itu di sini kita akan belajar bagaimanakah cara membuat artikel secara baik dan menarik? Bagaimana pembaca tertarik sama artikel kita? Bagaimana artikel dapat memiliki bobot? dan lain-lain. Nach, berikut ini akan kita ulas! Lihat dengan cermat ya!

TRENDING:  Free Download Template Blogger DownPure Kysha Crack By MasPasha

Tentukan Topik dan Tema

Saat membuat artikel yang pertama kalinya harus kita fikirkan adalah topik. Topik apa yang bakal kita mengambil dapat dari sasaran pembaca apa yang kita bidik. Juga bisa ambil topik berdasar kekuatan kita, “Ketrampilan apa yang kita punyai?” atau tentukan lah topik yang cukup menarik perhatian anda. Kemudian topik itu dibungkus dengan menarik dan unik,. Lantas kita dapat tentukan topik, yakinkan topik yang diputuskan detil karena makin detil topik yang kita tetapkan, makin menarik minat pembaca tentu saja.

Buat Judul Yang Menarik

Jauhi judul yang terlampau panjang dan sulit. Buat judul yang berkesan akrab dan banyak dicari, bikinlah seunik dan semenarik mungkin. Yakinkan judul yang kita bikin sama sesuai denga isi pada artikelnya.

Pastikan Paragraf Pertama Tidak Terlalu Panjang

Karena tanpa kita ketahui, paragraph pertama lah yang memengaruhi pembaca untuk selalu membaca sampai ke paragraph seterusnya. Oleh karena itu yakinkan paragraph pertama tidak begitu panjang, dapat kita singkat. Dan janganlah lupa yakinkan paragraph pertama dibikin menarik dan tidak menjemukan tidak boleh berbelit-belit. Yakinkan paragraph pertama cukup mengena dan berharga pada pembaca sampai mereka berminat untuk melanjutkan membaca.

Bikinlah Artikel Dengan Singkat Tetapi Masih tetap Jelas Pointnya

Untuk membikin artikel yang bagus upayakan dapat mempersingkat kalimat, dengan konsentrasi memberikan beberapa poin penting. Karena sebuah artikel yang bagus cuman memerlukan beberapa kalimat efisien yang mana tidak mengulang-ulang-ngulang kalimat. Seperti kalimat yang terlampau mengarah kemana saja tidak langsung pada poin nya yang terang dan langsung pada maksudnya mempunyai kesan-kesan dan berguna sebagai komponen penting pada suatu artikel yang bagus.

Berikan Isi Yang Memiliki bobot

Kerap kali kita menemui artikel yang pada judul benar-benar mengagumkan dan ramai yang maksudnya supaya web atau artikel nya bisa pengunjung yang banyak, tapi saat menyaksikan isi pada artikelnya cuman berisi kalimat kosong tidak ada nilainya yang dapat kita mengambil. Artikel ini tidak berguna untuk pembaca disamping itu buang-buang tenaga dan waktu untuk beberapa pembaca. Oleh karena itu tulislah artikel atau content yang memiliki makna dan untuk memberinya pengetahuan. Berikanlah jawaban yang memiliki bobot pada beberapa pembaca dalam suatu artikel seperti jawab pertanyaan mereka, maksudnya supaya mereka memahami.

Jelaskan Apa Yang Ingin Anda Berikan Lalu Ceritakan Detilnya

Yang pertama tunjukkan gagasan apa yang kita pengin menyampaikan. Di bagian atas artikel harus memiliki kandungan deskripsi khusus, “kenapa mereka harus membaca artikel ini selanjutnya?”. Yang maksudnya supaya pembaca ingin melanjutkan membaca sampai habis. Kemudian terangkankan apa tujuan dari gagasan itu selanjutnya terangkan kenapa artikel ini penting berikan dengan detil dan tolong pembaca supaya pahaminya, buat lah dengan menarik. Hingga artikel kita akan memiliki bobot dan tidak berasa menjemukan.

Berlatih, Berlatih, Berlatih

Karena yang pakar bermula dari pemula. Bahkan juga yang pakar juga dapat mendapatkan kreasi yang sempurna karena mereka terus latihan. Oleh karena itu sebagai pemula kita harus terus latihan menulis artikel, membuat kreasi yang maksudnya supaya bisa memperbaiki satu kreasi. Hingga masa datang, menulis artikel yang bagus tidak lagi suatu hal yang dipaksa tetapi jadi rutinitas yang terjadi tanpa diakui.

Tiap orang tentu mempunyai hal yang menarik untuk dibagi. Tetapi bagaimana dapat satu pesan dan arti dalam tulisan itu bisa tersampaikan ke pembaca. Mudah-mudahan artikel ini bisa berguna buat anda, supaya anda bisa menulis secara baik yang mana dapat tersampaikan ke pembaca dan memberinya pengetahuan padanya!.

Contoh Artikel

Contoh artikel sebuah contoh karya tulis yang menyuguhkan gagasan atau bukti yang bisa memberinya info tertentu ke pembaca. Isi artikel berbagai macam bergantung dari jenis atau topik yang diputuskan. Agar bisa membuat artikel, ada beberapa ciri yang perlu diikutkan, diantaranya:

  • Singkat, padat dan jelas.
  • Pembasahan lengkap dan tuntas.
  • Bersumber dari bukti atau faktual.
  • Tidak plagiat atau isinya asli tulisan di penulis.
  • Ide sesuai kebutuhan beberapa pembaca.

Tujuan Ditulisnya Artikel

  • Untuk memberikan info.
  • Untuk memberikan dampak atau merayu.
  • Untuk hiburan.
  • Untuk memperkenalkan diri atau eksistensi penulis.
  • Untuk menyampaikan satu ide atau pendapat.
  • Untuk cari pemecahan satu permasalahan.

Agar membuat artikel yang menarik, seorang harus mempertajam ketrampilannya dengan mempertajam tiap hari. Makin kerap menulis, karena itu seorang akan makin mengalami perkembangan kekuatan kepenulisannya. Berikut ada banyak contoh yang dapat menjadi bahan rekomendasi.

Contoh Artikel Ilmiah

Mie instant adalah makanan yang rasannya begitu enak. Tidaklah aneh jika makanan in banyak disayangi oleh warga. Tetapi rupanya kerap konsumsi mie instant bawa imbas jelek untuk badan. Berdasar beberapa hasil penelitian, kebanyakan makan mie instant bisa tingkatkan resiko penyakit kanker, masalah usus, ginjal sampai kegemukan. Karena imbas jelek yang diakibatkan, karena itu seharusnya konsumsi mie instant dijauhi. Sedapat mungkin tukar mie instant dengan makanan lain. Kalaulah ingin makan mie instant, seharusnya berikan batas waktu di antara 2 – tiga hari. Apabila sudah terlatih dengan batas waktu itu, karena itu dapat diperpanjang jadi 5 – 6 hari dan sebagainya. Ini bisa menolong siapa saja kurangi konsumsi mie instant dengan lebih bagus.

Contoh Artikel Pendidikan

Berhasilkah Pendidikan Kita?

Pendidikan sebuah usaha atau proses yang mengikutsertakan peserta didik dan pendidik pada suatu waktu dengan arah capai manusia yang bermartabat. Di Indonesia, pengajaran ditata dalam ketentuan yang mengharuskan tiap masyarakatnya tempuh pengajaran. Walau telah ditata dalam formasi ketentuan yang terang, apakah sudah pengajaran kita capai maksudnya? Satu pengajaran bisa disebutkan sukses atau mungkin tidak bergantung pada dari hasil pengajaran tersebut. Apa anak yang tempuh pengajaran kelihatan lebih atau tidak bisa jadi parameter satu kesuksesan pengajaran tersebut. Sering kita jumpai orang yang memandang nilai hasil dari belajar sebagai dari hasil pengajaran, walau sebenarnya itu salah besar. Inti pengajaran bukan angka, tetapi proses. Bagaimana seorang tercipta jadi manusia yang seharusnya adalah pokok dari pengajaran . Maka silahkan kita saksikan dunia pengajaran kita. Apa anak-anak yang tiap hari sekolah itu jadi manusia yang lebih bagus? Apa dunia pengajaran kita telah jauh dari kata money oriented? Bila belum, nampaknya pengajaran kita masihlah jauh dari kata sukses.

Contoh Artikel Populer

Info tebaru menjelaskan jika perusahaan X sudah sukses mengeluarkan produk baru dengan tehnologi GPS yang paling hebat. Perusahaan X sukses meningkatkan sebuah handphone yang bawa tehnologi GPS dalam tingkat yang semakin tinggi. Handphone type T yang dikeluarkan di bulan ini digadangkan sebagai handphone terbaik yang mengusung mekanisme GPS dalam beragam feature. GPS yang ada pada handphone sanggup mengawasi pergerakan pemiliknya dan membunyikan sirene bila pemiliknya lakukan suatu hal yang jelek. Bila pemilik umumnya duduk, karena itu handphone automatis akan mengeluarkan bunyi dan merekomendasikan untuk selekasnya bergerak. Bila pemilik sedang ada di tengah jalan, karena itu handphone akan mengingatkan bahaya kendaraan yang lewat . Maka handphone ini seakan jadi pengatur tiap perlakuan yang sudah dilakukan.

Contoh Artikel Kesehatan

Melengkapi Keperluan Vitamin C Tiap Hari

Vitamin C sebuah vitamin yang tiap hari diperlukan oleh badan untuk jaga kesehatan. Seorang akan mudah terkena penyakit bila ketahanan tubuhnya rendah. Dengan rajin konsumsi vitamin C seorang akan memiliki ketahanan tubuh yang kuat hingga jarang-jarang sakit. Vitamin C bisa diketemukan di buah jeruk, tomat, apel, strobery dan lain-lain. Kekruangan vitamin C bisa mengakibatkan radang kerongkongan, sariawan, bibir pecah sampai flu . Maka menjaga kesehatan dengan konsumsi vitamin C tiap hari.

Contoh Artikel Singkat

Soto Lamongan Lezat

Indonesia memiliki bermacam makanan ciri khas nusantara. Salah satunya kulineran Indonesia yang populer adalah soto Lamongan. Makanan ini jadi sajian sedap asal Jawa Timur yang rasanya mengagumkan sedap. Anda akan rasakan enaknya kuah dalam bebatan rasa manis, fresh dan renyah bergabung menjadi satu. Coba nikmati kulineran ini untuk rasakan sajian terbaik nusantara.

TRENDING:  25 ide blog paling populer terupdate oktober 2021

Contoh Artikel yang Baik dan Benar

Bunga Mawar Serbaguna

Bunga mawar jadi lambang dari rasa cinta dan kehangatan. Seorang yang mendapat bunga mawar yang cantik pasti berasa demikian hangat. Ketulusan yang diberi seakan tergambarkan pada bungan warna merah yang wangi ini.

Tetapi rupanya bunga mawar sering digunakan di industri kecantikan. Minyak yang ada dalam bungan mawar bisa membuat kulit masih tetap sehat dan glowing. Bukan itu saja, harum dari bunga mawar yang eksotik banyak juga digunakan oleh perusahaan minyak wangi di dunia. Bunga mawar dibikin minuman yang sehatkan dengan wewangiannya yang unik.

Itu faedah dari bungan mawar yang dapat kita jumpai dalam kehidupan setiap hari. Tuhan memang membuat suatu hal dengan faedah, tidak dengan kesia-siaan.

Contoh Artikel Penelitian

COVID-19, Virus Baru yang Menggelisahkan

Dunia dihebohkan dengan kedatangan virus jenis baru yang menyebar di kota Wuhan, China semenjak tahun akhir 2019 kemarin. Virus ini dinamakan COVID-19 atau Corona. Menurut penelitian yang sudah dilakukan oleh beberapa pakar, virus ini menebar secara cepat lewat recikan. Recikan ini dapat terjadi saat seorang sedang berbicara, bersin atau batuk. Virus yang melekat pada benda atau beralih ke badan seseorang akan masuk lewat aliran pernafasan atau kulit manusia. WHO menerangkan, jika virus telah sukses masuk ke badan manusia, karena itu virus akan serang mekanisme pernafasan. Orang yang dari sejak awalnya telah mempunyai permasalahan kesehatan lebih rawan pada gempuran virus ini sampai mengakibatkan kematian. Tetapi orang yang memiliki ketahanan tubuh yang kuat tidak dipengaruhi dengan masuknya virus ini ke badannya. Oleh karenanya, mempertahankan kesehatan badan sangat penting untuk siapa saja.

Contoh Artikel Jurnal

Perkembangan Disiplin

Disiplin sebuah sikap yang perlu diperkembangkan untuk raih kehidupan yang lebih bagus. Tjiharjadi (2012: 119) mengatakan, “Disiplin sebagai usaha yang memerlukan pengorbanan.” Agar bisa raih apa yang dicita-citakan, manusia sebaiknya usaha yang memiliki arti sebaiknya mampu berkorban. Semua manusia harus dapat terima realitas yang ada dan usaha beradaptasi dengan realitas itu. Entahlah itu realitas yang sama seperti yang diharap, atau realitas yang tidak diharap.

Amri (2013: 166) mengatakan jika dilihat dari pojok psikologi, manusia mempunyai 2 kecondongan yaitu yang condong berlaku baik dan condong berlaku jelek. Karena manusia mempunyai 2 kekuatan dasar itu, karena itu manusia mempunyai sikap positif dan disiplin sesuai ketentuan, semua wujud optimalisasi dari sikap itu perlu diusahakan. Upaya-upaya itu bisa dilaksanakan lewat pembiasaan, peralihan skema dan mekanisme ketentuan, kebijakan, ancaman dan penghargaan.

Displin selalu berkembang. Berkenaan dengan hal tersebut, Semiawan (2002: 92) menjelaskan, “Pada hakekatnya tiap orang memerlukan disiplin. Ini hanya salah satu beragam paradoks dalam perubahan. Seorang tidak segera dapat menusukti kebebasannya jika dia tidak mempertaruhkan beberapa sisi dari kebebasan itu. ”

Contoh Artikel Opini

Peraturan baru pemerintahan dalam soal pengajaran setiap saat alami peralihan untuk raih arah yang ingin diraih. Belakangan ini pemerintahan bernada akan mengaplikasikan mekanisme full day school untuk semua sekolah. Peraturan ini dirasakan baik karena anak dapat semakin belajar banyak dan habiskan waktu di sekolah. Tetapi rasanya ini kurang pas untuk anak-anak yang ada di tingkat dasar. Ini malah akan bawa permasalahan baru. Anak-anak akan berasa lebih capek dan tentu saja tingkat depresi bertambah . Maka seharusnya pemerintahan membahas ulangi pada peraturan ini.

Contoh Artikel Lingkungan Hidup Masyarakat

Kurangi Sampah Untuk Lingkungan

Sampah jadi persoalan yang tidak ada selesainya saat sebelum manusia memiliki kesadaran diri berkenaan lingkungan. Jumlahnya konsumsi tiap hari membuat manusia selalu hasilkan banyak sampah sehari-harinya. Untuk kurangi sampah yang ada, warga sebaiknya memakai barang yang didaur ulangi. Misalkan saja, untuk keperluan kantong plastik kita dapat memakai satu kantong saja yang dapat digunakan berkali-kali. Ini akan menolong kurangi sampah dan jadikan bumi lebih sehat.

Contoh Artikel Panjang

Yok, Ketahui Produk Vegan

Sekarang ini warga lebih sadar akan kesehatan dan lingkungan. Penuhi keperluan itu, banyak beberapa perusahaan yang mengeluarkan produk vegan. Produk vegan dipandang semakin aman untuk badan dan lebih ramah lingkungan. Beberapa produk vegan dibikin dengan paket yang dari ulangi. Ini pasti benar-benar berguna untuk planet kita yang kritis karena sampah yang tetap menimbun. Memang harga produk vegan tambah mahal bila dibanding produk biasa, tetapi faedahnya mengagumkan. Beberapa produk vegan mempunyai wewangian yang lebih merebak dan berasa alami. Beberapa bahan yang dipakai tidak memiliki kandungan bahan kimia beresiko. Anda dapat coba berpindah ke produk vegan untuk hidup yang lebih bagus dan bumi yang lebih sehat. Bila berasa susah, Anda dapat berpindah dikit demi sedikit. Mulai dari hal kecil, seperti pemakaian produk sabun anda dapat beli produk yang telah memiliki label vegan. Peralihan kecil akan bawa peralihan besar di dunia.

Contoh Artikel Bahasa Indonesia

Usir Bau Tubuh Segera

Berbau tubuh sebagai persoalan yang kerap dipunyai tiap orang. Persoalan ini menjadi permasalahan serius bila tidak selekasnya ditangani. Beberapa orang yang ada di sekitaran akan berasa risi dan tidak nyaman dengan berbau tubuh yang menusuk. Ini akan mengakibatkan orang dengan berbau tubuh akan dijauhi dan susah bergaul. Karena itu, jaga kebersihan tiap hari sangat penting supaya terbebas dari berbau tubuh. Pakai sabun anti kuman dan tentukan sabun dengan wewangian yang wangi supaya terbebas dari berbau tubuh yang menusuk.

Struktur Artikel

antara kamu tentu pernah membaca tulisan di koran, majalah, atau internet, kan? Sudah mengetahui belum, tulisan yang banyak kalian baca di beberapa media itu terhitung text artikel bahasa Indonesia, lho. Bahkan juga, tulisan yang kamu baca sekarang ini di website Ketahuify termasuk juga satu diantaranya.

Lalu, apa sich sebetulnya yang diartikan text artikel bahasa Indonesia itu? Apa sekedar hanya tulisan yang dicatat dengan bahasa Indonesia saja? Atau, ada beberapa ciri dan beberapa jenisnya?

Pemahaman Text Artikel Bahasa Indonesia

Berdasar perannya, artikel bisa disebutkan sebagai serangkaian text berisi bukti dan penilaian dengan panjang tertentu yang dibikin untuk dipublikasi di media, baik media bikin, sosial media, atau media online. Arah artikel umumnya untuk sampaikan ide diperlengkapi data dan bukti yang dihidangkan berbentuk tulisan agar memberikan keyakinan, mendidik, dan melipur pembacanya.

Dalam penulisan artikel, topik atau topik yang dihidangkan bisa berbentuk penilaian pada sesuatu persoalan diperlengkapi dengan jalan keluar atas persoalan itu. Semua penilaian dan jalan keluar yang dikatakan harus sama sesuai bukti dan data simpatisan yang tepat, ya.

Ciri-Ciri Artikel

Artikel mempunyai beberapa ciri khusus hingga kamu dapat secara mudah membandingkan beberapa jenis artikel dengan jenis text yang lain. Adapun beberapa ciri text artikel bahasa Indonesia adalah seperti berikut:

  • Tulisan dibikin secara singkat, padat, dan terang hingga pembaca gampang pahami didalamnya.
  • Memiliki kandungan bukti atau penilaian yang dikatakan memakai pemikiran obyektif, tidak memojokkan, dan diperlengkapi beberapa data simpatisan yang benar.
  • Bahasa yang dipakai resmi, kalimat polos dan efisien hingga isi artikel lebih padat dan berisi.
  • Sistem penulisan artikel dibikin secara struktural.
  • Memiliki sifat faktual dan informatif, yakni mengutarakan info yang berdasar hasil penelitian yang kebenarannya bisa dipertanggungjawabkan.

Struktur Artikel

Pada umumnya, susunan text artikel bahasa Indonesia terbagi dalam 3 sisi, salah satunya:

  • Sisi pembuka, berisi tujuan atau tahapan pengenalan pada isi artikel yang bakal diulas.
  • Sisi isi, berisi rincian keterangan dasar persoalan yang diulas dalam artikel.
  • Sisi penutup, yakni sebuah simpulan yang berisi kalimat kunci yang meringkas ulasan secara singkat, padat dan terang.
  • Kaidah Kebahasaan Text Artikel Bahasa Indonesia

Tidak hanya susunan dan beberapa ciri saja, artikel bahasa Indonesia mempunyai aturan kebahasaannya sendiri. Berikut aturan kebahasaan yang penting kamu kenali dalam menulis sebuah artikel:

  • Kata info, umumnya dipakai untuk ekspresikan sikap penulis agar memberikan keyakinan pembaca.
  • Kalimat aktif, sebagai kalimat yang subjeknya aktif menjelaskan suatu hal.sebuah hal. Contoh: Kamu sedang asyik membaca buku.
  • Memakai kata penyambung atau konjungsi, seperti selanjutnya, kemudian, oleh karenanya, tetapi, dan lain-lain.
  • Memakai kata kerja psikis, material, dan rekananonal. Contoh: cemas (kata kerja mental), menulis (kata kerja material), sebagai (kata kerja rekananonal).
  • Memakai banyak kosa kata dan istilah supaya tulisan lebih menarik dan berkualitas.

About Pasha Yogi Pranata

Bermimpilah Setinggi Mukin Karna DI Dunia Nyata Itu Tidak Seindah Mimpi Mu.

Check Also

Cara Mengatasi Pembatasan Iklan Adsense

Bagaimana Cara Mengatasi Pembatasan Iklan Adsense

MasPasha.com – Google Adsense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google, …