Cara Membuat Tanda Tangan Digital QR Code

MasPasha.com – Bagaimana cara membuat tanda tangan digital qr code? Pada awalnya tanda tangan dilakukan dengan manual, tipe tanda tangan digital online sekarang ini mulai terkenal dan sering dipakai perusahaan besar dan perkantoran. Cara Membuat Tanda Tangan Digital di Word

Microsoft word menjadi salah satu software yang paling dibutuhkan dalam pembuatan sebuah document, tanpa terkecuali untuk pembuatan tanda tangan digital.

Cara Membuat Tanda Tangan Digital di Word

Microsoft word menjadi satu diantara software yang paling dibutuhkan dalam pembuatan sebuah document, tanpa terkecuali untuk pembuatan tanda tangan digital. Pembuatan tanda tangan lewat microsoft word adalah salah satunya cara yang termudah untuk diaplikasikan.

Persiapkan kertas HVS dan Photo Tanda Tangan

Langkah pertama untuk membuat tanda tangan digital yaitu mempersiapkan kertas HVS kosong, selanjutnya tanda bereskan sama ukuran sedang. Seterusnya photo dengan camera ponsel dan alihkan file photo ke komputer.

Membuka Microsoft Word dan persiapkan gambar

Membuka Microsoft Word pada computer Anda. Persiapkan document yang ingin Anda bubuhi tanda tangan. Disamping itu, persiapkan juga gambar tanda tangan yang telah dipotret tadi. Tujukan cursor Anda seperti yang diharapkan (umumnya di sudut kanan bawah atau tengah bawah).
Masukan gambar tanda tangan

Sesudah letak telah sama sesuai, tentukan menu insert pada Word – tentukan picture – tentukan gambar tanda tangan – klik insert. Photo tanda tangan Anda telah tertempel di dokumen.
Mengatur ukuran dan samakan latar belakang

Bila size gambar tanda tangan terlalu kecil atau besar, Anda cukup menyesuaikan dengan menarik garis pinggir gambar. Anda bisa juga atur latar belakang jadi putih hitam supaya tanda tangan kelihatan lebih alami, langkahnya:

  • Pilih format picture.
  • Pilih picture
  • Click recolor
  • Click pilihan warna black and white.
  • Pilih close
  • Pembuatan tanda tangan digital telah selesai

Cara Membuat Tangan Tangan Digital di PDF

Portable Dokumen Pola (PDF) adalah sebuah format arsip yang dibikin oleh Adobe Systems di tahun 1993 untuk kepentingan transisi document digital. Pola PDF dipakai untuk mempresentasikan document dua dimensi yang mencakup text, huruf, citra dan diagram vector dua dimensi.

Smartphone

a. Install aplikasi Docusign pada playstore dan app store (sesuaikan dengan smartphone Anda). Pastikan koneksi internet Anda tersambung dengan lancar dan baik supaya proses unduh dapat semakin cepat.

b. Login account menggunakan e-mail, yahoo atau facebook. Login account ini digunakan supaya tanda tangan digital Anda masih tetap tersimpan dan dapat digunakan kapan saja.

c. Aktivasi account dilakukan di email. Saat sebelum memulai membuat tanda tangan, Anda wajib melakukan aktivasi account sampai menampilkan kolom ‘sukses’.

d. Masuk ke dashboard aplikasi, cari ‘quick action’ dan pilih ‘create your signature’. Pada menu ini, Anda mendapatkan 2 pilihan yaitu ‘take a picture of your sign’ atau ‘ draw your sign’. Apabila pilih menggambar, maka secara automatis akan ke arah halaman kosong.

e. Sesudah selesai membuat tanda tangan, Anda harus memilih menu ‘save’ untuk menyimpan tanda tangan ke penyimpanan internal telepon.

f. tahap selanjutnya yaitu kembali lagi ke beranda aplikasi. Anda harus pilih ikon ‘+’ untuk mengupload file PDF. File PDF dapat diambil dari penyimpanan internal telephone, google beberapaya dan drive.

g. Pilih ‘sign now’

TRENDING:  3 Key Off-Page Search Engine Optimization Methods

Menu ini akan tampilkan document PDF Anda dengan layar penuh. Selanjutnya Anda cukup mengetuk area yang ingin dibubuhi tanda tangan. Secara automatis tanda tangan akan ditambahkan.

h. Done

Pilihan done telah memperlihatkan document Anda sudah sukses ditambahkan tanda tangan. Anda langsung bisa menyimpan atau membagi document itu lewat sosial media seperti whatsapp, facebook, sebagainya dan e-mail.

Adobe fill dan sign

a. Mencari dan unduh aplikasi Adobe Fill dan Sign lewat handphone Anda baik melalui App toko atau playstore. Aplikasi ini cuman mempunyai kapasitas memory 20 Mb saja, hingga tidak memperberat perangkat Anda.

b. Masuk ke aplikasi dan pilih ‘select a form to fill out’, selanjutnya pilih file pdf yang ingin dibubuhi tanda tangan digital.

c. Click document yang baru diupload dan tentukan rasio penuh. Rasio penuh ini akan mempermudah Anda dalam memba document sekalian membuat tanda tangan.

d. Click tempat yang ingin ditambahkan tanda tangan dan catat nama Anda. Ada 2 tipe tanda tangan yang dapat Anda bikin yaitu huruf tulisan tangan dan biasa. Bila inginkan signature dari tulisan tangan, Anda harus pilih ikon pena dan tentukan menu ‘create signature’

e. Layar pop up atau ‘place signature’ akan muncul. Cara ini dipakai sebagai tempat Anda membuat signature tulisan tangan. Triknya cukup pakai jari tangan Anda layaknya sebuah pena. Click ‘done’.

f. Pengaturan sesuai keinginan
Bila tanda tangan yang dibikin tetap tidak sama sesuai (terlalu kecil atau besar), Anda dapat mengaturnya dengan menyeret garis pingirnya.

Computer

Cara membuat tanda tangan digital lewat PDF bukan hanya lewat handphone saja, tapi sudah tentu dapat dilakukan lewat computer juga. Langkahnya adalah:

  • Membuka browser dan mencari situs edit pdf e-sign smallpdf
  • Muncul opsi ‘sign a document’ dan ‘sign a signature’
  • Pilih ‘place signature’ pada menu yang disediakan.
  • Draw : menulis tangan tangan baru
  • Unggah : masukkan tanda tangan berbentuk gambar
  • Kamera: mengambil gambar tanda tangan secara langsung

Pengaturan posisi tanda tangan

Pengaturan ini untuk membuat letak tanda tangan Anda ada di posisi yang tepat hingga sesuai tampilan document non digital.

Finish dan download

Sesudah Anda menyelesaikan semua cara pembuatan tanda tangan sampai penyematannya, Anda dapat download file utuh PDF atau cuman berbentuk tanda tangannya saja. Fitur ini akan mempermudah Anda di masa datang, hingga tak perlu membuat signature lagi.

Cara Membuat Tangan Tangan Digital QR Code Pribadi

Pilih penyedia aplikasi QR Code gratis Saat Anda ingin membuat tanda tangan digital QR Code dan dipakai untuk kebutuhan pribadi, karena itu usahakan pilih aplikasi pembuat yang bisa diakses gratis. Ini karena Anda tidak membutuhkan fasilitas yang lengkap seperti tanda tangan keperluan bisnis.

Memilih format data

Format data yang berada di aplikasi tanda tangan digital QR Code sangat bermacam, yaitu dimulai dari URL situs, text simpel, perpesanan text, id card, nomor telepon, sampai tanda tangan itu sendiri.

Memasukkan data sesuai keinginan

Data yang dimasukkan dalam signatur QR Code termasuk nama lengkap Anda dan informasi-informasi lainnya. Anda bebas isi data sama sesuai kemauan.

Pengaturan ukuran dan warna code QR

Walau sekedar hanya tanda tangan, tetapi Anda tetap harus mengatur ukuran dan warna tanda tangan QR Code. Triknya sangat gampang yaitu, masuk pada menu Options dan pilih lagi menu color. Anda dapat pilih warna apa baik satu warna atau kombinasi banyak warna.

TRENDING:  Cara Menulis Artikel Agar Seo Friendly

Share code

Tanda tangan digital QR Code yang telah jadi umumnya akan berbentuk pola PNG. Anda dapat membagikan tanda tangan ini hanya lewat sosial media seperti whatsapp. Tetapi, masih tetap pastikan tidak untuk menyebarkannya secara sembarangan.

Download aplikasi berbayar

Membuat tanda tangan digital QR Code untuk keperluan bisnis sebaiknya memakai aplikasi berbayar. Ini bertujuan supaya bisa memperoleh multiple code, hingga tanda tangan digital Anda semakin aman dan tidak gampang disalahpergunakan.

Membuat QR Code

Pastikan data pribadi termasuk tanda tangan digital QR Code untuk tetap aman yaitu menggunakan rancangan unik dan detil. Maksudnya supaya tidak gampang ditebak dan diganti oleh oknum yang tidak bertanggung-jawab.

Membuat code

Sesudah Anda membuat rancangan yang rumit, unik dan spesifik, Anda dapat memberikan tambahan link sebanyak mungkin. Link ini dapat memberikan info penting yang diperlukan orang lain berkaitan kehadiran Anda.

Sharing code QR

Tanda tangan QR Code yang telah dibikin, langsung bisa dibagi ke rekanan bisnis yang membutuhkannya. Disamping itu, ada tanda tangan tipe ini bisa juga mempermudah Anda dalam bekerja bersama di dunia usaha.

Penelurusan QR Code

Versi pro atau premium dari aplikasi pembuat tanda tangan digital QR Code telah dilengkapi dengan fitur pelacakan dan jumlah pemakaian code QR. Fitur ini akan berisi info tentang letak penggunaan tanda tangan digital Anda dan jumlahnya.

Bukan hanya fitur pelacakan saja, masih ada fitur hebat yang lain yang bisa Anda manfaatkan dalam pembuatan tanda tangan digital QR Code versi bisnis.

Cara Membuat Tangan Tangan Digital Transparan Jadi Word

Foto atau scan gambar tanda tangan Tanda tangan yang dibuat berbentuk tulisan tangan di kertas kosong, selanjutnya langsung bisa difoto dengan kamera handphone atau lewat proses scan dokumen.

  • Copy-paste gambar tanda tangan di halaman kosong Ms Word
  • Gambar atau foto tanda tangan langsung bisa dicopy dan disalin ke halaman kosong Ms Word.
  • Click sisi kiri gambar dan ada tab pola

Cara untuk membuat tanda tangan digital Anda menjadi transparan dimulai dari pilih menu format, kemudian click ikon ‘text wrapping’. Ikon ini mempunyai beberapa pilihan, Anda harus pilih ‘behind text’. Posisi gambar telah ada di bawah tulisan.

Merapikan gambar

Meskipun gambar tangan tangan transparan, Anda tetap harus merapikannya memakai fitur crop. Fitur ini digunakan untuk menggunting sisi yang tidak dibutuhkan atau sisi gambar yang tertumpuk.
Pengaturan warna

Sesudah atur kerapian tanda tangan, Anda dapat mengganti warna tanda tangan digital sama sesuai kemauan. Caranya cukup pilih menu pola – recolor. Selanjutnya pilih menu set transaprant sesuaikan berwarna dan color.

Excel

Masuk ke Ms Excel (Ms Excel 2007-2013) pilih Penyisipan gambar Sesudah Anda masuk ke Ms Excel, Anda perlu menyisipkan gambar tanda tangan (dari document, penyimpanan telephone atau google drive). Pilih menu insert – picture, selanjutnya import gambar tanda tangan yang telah dibikin, click insert

Atur gambar

Gambar tanda tangan yang telah berada di document mungkin belum juga sempurna. Karena itu, Anda harus mengaturnya supaya lebih rapi. Langkahnya adalah click kiri gambar tanda tangan Anda – tentukan menu format. Selanjutnya tentukan colour – transparant colour, lalu click gambar.

TRENDING:  Struktur Teks Berita Kepala Paragraf​

Bagaimana Cara Membuat Tanda Tangan Qr Code

Di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, tanda tangan bukan hanya dapat dibikin dengan manual di atas kertas saja, tapi bisa juga dibikin secara digital memakai QR code. Cara membuat tanda tangan QR code sebenarnya tidak sulit dan gampang dipelajari untuk siapa saja yang belum pernah mencobanya.

Selain modern, tanda tangan QR code bisa dibikin gampang dan membantu kinerja di bagian administrasi jadi lebih gampang. Tidak itu saja, tanda tangan yang dibikin secara digital dapat mencegah tindakan pemalsuan.

Bagaimana Cara Membuat Tanda Tangan QR Code?

Saat ini, tanda tangan QR code bisa dibikin dengan mudah. Siapa saja yang ingin coba membuat hanya membutuhkan handphone seperti handphone dan computer. Berikut adalah beberapa langkah membuat tanda tangan QR code :

  • Pasang Aplikasi QR Code
  • Pilih Format Data
  • Masukan Data yang Diperlukan
  • Atur Warna dan Ukuran QR Code
  • Bagi QR Code

Pasang Aplikasi QR Code

Bila tanda tangan QR code ingin dibikin dengan memakai handphone, pastikan pasang aplikasi QR code ditambah dulu. Jangan khawatir, ada banyak pilihan aplikasi QR code berbayar dan gratis ada di Play Store dan App Store.

Tetapi, bila Anda ingin membuat tanda tangan QR code dengan tujuan untuk kebutuhan bisnis seharusnya pilih aplikasi premium yang menjamin keamanan data penggunanya. Selain itu, aplikasi QR code premium secara umum sediakan beragam fitur untuk keperluan bisnis.

Pilih Format Data

Cara membuat tanda tangan digital dengan QR code yang seterusnya adalah dengan pilih pola data. Dalam QR code ada bermacam pola data seperti pesan text, nomor telephone, URL tanda tangan, dan situs. Karena sekarang ini Anda ingin membuat tanda tangan QR code, karena itu pilih pola tanda tangan.

Masukan Data yang Dibutuhkan

Sesudah pilih pola tanda tangan, saran data yang dibutuhkan. Data ini bisa berisi bebas sesuai keperluan seperti nama lengkap, nomor smartphone, alamat yang lain, dan e-mail.

Mengatur Warna dan Ukuran QR Code

Anda harus tetap membuat ukuran dan warna QR code walau cuman berisi tanda tangan. Caranya yaitu dengan masuk menu pilihan, selanjutnya tentukan menu color. Warna QR code bisa dibikin cuman dengan 1 warna atau memadukannya dengan beberapa warna.

Bagi QR Code

Sesudah tanda tangan QR code sukses dibikin, Anda dapat membagikan ke siapa saja lewat platform sosial media atau pesan seperti W e-mail dan hatsapp. Tetapi, pastikan Anda tidak sembarangan membagikan hingga tanda tangan QR code tidak salah dipakai. QR code yang berisi tanda tangan secara umum berupa gambar dengan pola PNG.

Apa Bedanya QR Code dan Barcode?

Sesudah pelajari selanjutnya tentang tanda tangan QR code, apa Anda sudah tahu ketidaksamaan QR code dengan barcode? Ke-2 nya sebenarnya sama – sama sebagai code penting untuk dipakai dengan peranan yang nyaris sama. Namun, QR code mempunyai kemampuan yang lebih besar.

Nach, begitu artikel berkenaan cara membuat tanda tangan digital online, supaya mempermudah dalam soal semua pengurusan dokumen.

About Pasha Yogi Pranata

Bermimpilah Setinggi Mukin Karna DI Dunia Nyata Itu Tidak Seindah Mimpi Mu.

Check Also

artikel seo, artikel seo adalah, cara menulis artikel seo, cara membuat artikel di google, cara menulis artikel di blog, cara membuat artikel yang menarik, artikel seo friendly, cara membuat artikel seo, contoh artikel seo friendly, panduan menulis artikel, cara menulis artikel di google, cara buat artikel di google, cara membuat artikel seo friendly, cara menulis artikel yang menarik, cara bikin artikel di google, tips menulis artikel seo, cara menulis artikel blog, langkah2 membuat artikel,

Cara Menulis Artikel Agar Seo Friendly

MasPasha.com – Membuat artikel secara baik tidaklah cukup. Anda harus juga menulis artikel itu ramah …