Cara Membuat Blog Dengan Mudah Dan Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Maspasha.com – Cara membuat blog tidak terbatas untuk beberapa orang yang memahami coding saja. Dengan kontribusi basis CMS, cara membuat blog individu jadi benar-benar mudah. Siapa saja dapat melakukan, terhitung Anda.

Nach di artikel ini, kami akan mengulas cara membuat blog secara mudah, cuman dengan 8 cara! Komplet dengan tutorial mengurus dan optimasi blog yang sudah Anda buat.

Ini kali kita akan memakai basis WordPress yang populer dengan user-friendly-nya. Siap? Silahkan kita mulai.

3+ Opsi Basis untuk Membuat Blog dengan Gampang

Basis blog adalah media yang bakal Anda pakai untuk mengurus blog, dimulai dari publish sampai optimasi. Nach basis berikut yang berjasa hingga membuat blog tak lagi susah.

Tetapi sekarang ini telah banyak basis blog bermunculan. Berikut adalah beberapa basis blogging yang bisa Anda pikirkan, yakni:

WordPress.org

WordPress.org adalah software open source yang bisa dipakai gratis. Nach, supaya software ini bisa live dan dijangkau melalui internet, Anda membutuhkan layanan hosting.

Dengan singkat, ongkos yang perlu Anda keluarkannya hanya untuk layanan domain dan hosting. Kemudian, instal dengan gratis software WordPress.org.

WordPress ini dapat disebut adalah CMS paling terkenal. Basis ini telah dipakai oleh 35% blog dan web yang berada di semua internet.

Ada banyak argumen kenapa cara membuat blog dengan WordPress benar-benar disukai:

  • User-friendlyMempunyai komune yang besar
  • Banyak tersedia tutorial
  • Plugin melimpah
  • Topik beragam.

Karena itu kami benar-benar mereferensikan WordPress untuk Anda. Walau gampang dipakai, blog yang dibuat WordPress bukan gadungan dan bisa dioptimalkan dengan maksimal.

Bisa dibuktikan dengan dipakainya WordPress pada beberapa perusahaan besar dunia. Seperti Sony Music, The Walt Disney, dan Mercedes Benz.

WordPress.com

WordPress.com adalah CMS yang memakai server hosting punya WordPress.

Sebetulnya, WordPress.com bisa dipakai gratis, tetapi dengan subdomain bawaan WordPress.com. Pernah menyaksikan domain seperti bloganda.wordpress.com? Itu perpanjangan domain standar bila memakai basis gratis ini.

Tetapi, yang bernama gratis tetap ada batasnya, misalnya:

  • Keamanan perlu dimaksimalkan
  • Cuman bisa kerjakan web atau blog sederhana;
  • Tidak bisa memasang plugin;
  • Tidak bisa menukar topik sendiri;
  • Bila inginkan penyesuaian ala-ala WordPress.org ongkos yang dikeluarkan benar-benar mahal untuk hosting WordP pergantian domain dan ress.
  • Maka WordPress.com saja dipandang kurang efisien karena Anda tidak bebas mengkustom blog Anda.

Blogger

Blogger atau Blogspot adalah basis blogging punya Google. Karenanya, Blogger bisa juga diintegrasikan lewat produk Google lainnya. Misalkan, AdSense, AdWords, Google Analytics, dll.

Umumnya, blog yang memakai basis ini mempunyai domain.blogspot.com. Misalkan, bloganda.blogspot.com.

Walau ramah pemakai, tetap featurenya kurang komplet dibanding WordPress, misalnya:

  • Tidak mempunyai plugin yang banyakBlog Anda dan semua didalamnya masih tetap punya Blogger, Anda tidak mempunyai hak penuh atas situs Blog Anda;
  • Opsi template terbatas
  • Tidak mempunyai tag untuk mengidentifikasi tulisan;
  • Tidak ada pilihan penyesuaian permalink;
  • Up-date pemakai interface dasbor yang kerap bermasalah;
  • Memakai subdomain blogspot.com mempunyai cap kurang terpercaya.

Weebly

Satu kembali cara membuat blog untuk yang baru memulai, yakni dengan basis Weebly. Hal tersebut karena Weebly mempunyai pemakai interface yang gampang dengan mekanisme drag and drop.

Tetapi, Weebly cukup memerlukan usaha untuk SEO, karena sedikit opsi yang bisa dioptimalkan. Tidak seperti WordPress yang dapat optimal dengan kontribusi plugin.

TRENDING:  Apa Itu Blogroll Dan Apa Bedanya Blog Roll Gratisan Sama Blog Roll Premium

Cara Membuat Blog Individu dengan Gampang

Dengan menimbang keunggulan WordPress, ini kali kami akan memakai basis itu untuk panduan cara membuat blog.

1. Pilih Niche Blog

Niche blog adalah topik atau topik khusus untuk blog. Maka Anda perlu konsentrasi membuat beberapa konten dengan topik yang sama.

Ini disarankan supaya blog Anda bisa dikenali sebagai pakar dalam topik tertentu dan jadi rekomendasi oleh beberapa orang. Hasilnya, trafik blog bertambah serta lebih gampang dimonetisasi dengan endorsement atau iklan.

Jangan cuman tentukan ya, yakinkan Anda memakai panduan berikut dalam tentukan niche blog:
Tentukan topik yang Anda kuasai

Pilih topik yang Anda kuasai dapat menolong Anda mendapati beberapa ide lebih mudah. Disamping itu, karena mengulas satu topik yang serupa, Anda bisa saja pakar pada sektor itu satu saat.
Tentukan topik yang terkenal

Upayakan topik yang Anda sukai searah dengan tren internet, supaya content di blog Anda tidak percuma. Anda bisa manfaatkan Google Trends untuk menyaksikan kekuatan topik yang banyak dicari dan disukai.
Menyaksikan kesempatan keuntungan niche blog

Bila niche blog berkesempatan menghasilkan uang dari internet, kece kan? Nach, Anda bisa coba dengan beberapa cara.

Misalkan, memasangkan Google AdSense, peluang produk ulasan atau endorsement, kesempatan pemasaran e-book, pecinta jasa diskusi, dll.

2. Tentukan Layanan dan Tipe Hosting yang Pas

Hosting adalah tempat di mana semua file blog kita akan diletakkan dan bisa dijangkau lewat internet.

Karena kita akan memakai WordPress.org (ingat ya, bukan WordPress.com) untuk cara membuat blog, karena itu dibutuhkan layanan hosting secara mandiri.

Saat menentukan layanan hosting jangan asal-asalan, karena akan punya pengaruh pada perform blog. Maka sedapat mungkin tentukan layanan hosting yang terpercaya.

Ada banyak tipe hosting yang bisa Anda pakai sebagai cara membuat blog yang memikat, yakni:

Shared hosting, tipe hosting yang paling dapat dijangkau dan gampang pemakaiannya;
Cloud hosting, tipe hosting dengan sarana VPS dan keringanan shared hosting;
VPS hosting, mempunyai kemampuan server yang besar dan memerlukan ketrampilan teknis.

Tetapi, cara membuat blog untuk yang baru memulai lebih pas memakai shared hosting.

Karena blog pada tahapan awalnya belum memerlukan sumber daya server yang tinggi. Pengendaliannya juga benar-benar gampang dan ditolong oleh penyuplai layanan.

Untuk beli layanan hosting juga benar-benar gampang, Anda bisa ikuti tutorial beli paket hosting di Niagahoster.

3. Tentukan Nama Domain

Selainnya hosting, Anda pun memerlukan domain. Domain adalah alamat yang dipakai untuk terhubung blog Anda. Misalkan, Maspasha yang mempunyai nama domain maspasha.com.

Hal tersebut juga kenapa kami mereferensikan WordPress.org, karena Anda bebas pilih nama domain.

Berlainan dengan WordPress.com dan Blogspot yang mempunyai standar perpanjangan domain, seperti bloganda.wordpress. bloganda atau com.blogspot.com. Untuk up-grade domain juga ongkosnya cukup kuras kantong.

Dengan memakai WordPress.org, Anda bebas pilih perpanjangan domain, misalkan:

  • .com
  • .org
  • .co.id
  • .id
  • .net
  • Dan ada banyak lainnya.

Tetapi, apa saja domain opsi Anda, yakinkan penuhi beberapa panduan berikut ini:

Gampang dilafalkan

Cara membuat blog lebih gampang dikenang oleh pengunjung, Anda dapat memakai nama Anda sebagai domain. Bila tidak ingin, Anda dapat berkreatifitas memakai nama dengan elemen niche blog Anda.

TRENDING:  Tech Blogger Template Free Crack By MasPasha

Tetapi, yakinkan gampang untuk dilafalkan dan diketik oleh pengunjung ya. Misalkan, blog Anda mempunyai niche di bagian komputer. Karena itu, Anda dapat memakai nama seperti computergeeks.com, computermania.net, dll.

Singkat

Yakinkan domain Anda tidak lebih dari 63 watak. Pakai nama sesimpel kemungkinan dan sesingkat. Hal tersebut adalah cara membuat blog Anda gampang dikenang oleh pengunjung.

4. Instalasi WordPress

Sesudah mempunyai hosting dan domain, saat ini waktunya masuk ke cara membuat blog sendiri dengan memasang WordPress.

Sebagai info, Anda bisa pilih feature Auto Install Web WordPress saat proses checkout. Feature ini gratis dan Anda jadi tak perlu ribet meng-install WordPress secara manual.

Tetapi, untuk Anda yang tidak pilih feature itu saat checkout, tenang saja. Ini kali, kami akan memberinya tutorial instalasi WordPress dengan mudah.

Anda dapat pilih feature SSL premium atau Whois Protection. Untuk feature SSL premium sendiri tentu saja akan lebih bagus dalam soal keamanan dibanding SSL gratis dari Let’s Encrypt.

Sedang untuk Whois Protection atau pelindungan privacy Whois akan membuat perlindungan beberapa data Anda pemilik domain. Dengan demikian, privacy Anda akan terjaga.

Cara 1: Masuk ke cPanel

Anda bisa masuk ke cPanel dengan terhubung http://namadomainanda/cpanel. Atau, juga bisa lewat Anggota Tempat.

Triknya, login ke Anggota Tempat Niagahoster > click tombol orange tertulis Urus Hosting > Anda akan automatis ada di tab cPanel > click All Fiturs.

Cara 2: Membuka Softaculous Apps Installer

Setelah tiba di dasbor cPanel, silahkan scroll sampai bawah dan click simbol WordPress di bagian Softaculous Apps Installer.

Cara 3: Instal WordPress

Untuk mengawali instalasi WordPress, click Install Now.

Cara 4: Seting Instalasi WordPress

Di bagian ini, Anda akan disuruh isi beberapa seting instalasi WordPress.

Pertama, di bagian Software Setting silahkan tentukan nama domain Choose Domain, kolom In Direktori silahkan dikosongkan.

Ke-2 , isi nama dan deskripsi blog Anda, pada kolom Site Name dan Site Description.

Ke-3 , tetapkan username dan sandi untuk login ke dasbor WordPress Anda.

Cara 5: Tentukan Topik dan Instal

Seterusnya, Anda bisa pilih topik WordPress yang ingin Anda gunakan. Tapi bila Anda kebingungan dengan adanya banyak opsi, Anda bisa pilih salah satunya topik dan menggantinya kelak saat instalasi selesai.
Seterusnya, click Install.

Cara 6: Instalasi Usai

Sesudah proses instalasi, Anda akan memperoleh pemberitahuan instalasi sukses yang berisi alamat blog dan URL login ke dasbor admin.

5. Komposisi Dasar WordPress

Sesudah WordPress sukses diinstall, Anda perlu lakukan beberapa komposisi atau seting saat sebelum masuk ke cara membuat blog.

Anda harus login ke dasbor WordPress lebih dulu dengan cara akses ke http://namadomainanda.com/wp-admin. Atau masuk ke Anggota Tempat > WordPress Manajemen > Sites > dan click Login WordPress.

Cara 1: Hapus Post Bawaan WordPress

Setelah tiba di dasbor WordPress untuk pertama kalinya, ada post, page, dan komentar atribut dari WordPress.

TRENDING:  Cara Membuat Tanda Tangan Digital QR Code

Pekerjaan pertama kita adalah hapus post dan page itu dengan cara, masuk pada menu Posts dan click Trash pada post Hello World !.

Seterusnya Anda akan masuk ke halaman Ubah Category, silahkan ganti nama dan nama URL pada kolom Name dan Slug kelompok, lalu click Up-date.

Cara 3: Mengatur Pola Tanggal

Tanggal dan waktu WordPress Anda masih ikuti waktu standar yang ikuti zone waktu Eropa. Pekerjaan ke-3 kita adalah menggantinya jadi zone waktu lokasi kita.

Triknya, masuk pada menu Settings > General > ganti pilihan Timezone jadi UTC +7 (untuk WIB) > tentukan Date Pola > dan Time Pola > click Save Changes

Cara 4: Mengatur Post

Pada satu halaman, Anda bisa atur berapa banyak post yang ingin diperlihatkan. Triknya, masuk pada menu Seting > Reading > ganti pada kolom Blog pages show at most.

Disamping itu, Anda bisa atur feed setiap post jadi full summary atau teks.

Referensi kami, bikinlah setiap post jadi summary, supaya penampilan blog lebih rapi. Triknya, click pilihan Summary pada kolom For each post in a feed, include. Seting sisi ini adalah cara membuat blog lebih berkesan terancang dan rapi.

Cara 5: Seting Komentar

Supaya terbebas dari komentar spammer, Anda harus mensetting kolom komentar. Maka tiap komentar yang masuk akan menanti kesepakatan Anda saat sebelum diedarkan.

Triknya, masuk pada menu Settings > Discussion > tentukan pilihan Comment must be manually approve pada kolom Before a comment appears, lalu Save Changes.

Cara 6: Ganti Pola Permalink

URL pada WordPress awalannya mempunyai penataan standar seperti, http://namadomainanda.com/?p=3. Tetapi, URL ini benar-benar tidak efisien, karena Anda tidak dapat menyaksikan apa isi URL itu dan tidak bagus untuk SEO.

Anda dapat menggantinya dengan cara, masuk pada menu Settings > Permalinks > dan tentukan pilihan Post Name. Opsi ini yang paling terbaik dari yang lain.

Cara 7: Ganti Gravatar

Saat Anda ingin memberi komentar atau membalasnya komentar seseorang, Anda bisa menempatkan avatar sama sesuai kemauan. Triknya, silahkan ke situs Gravatar dan masuk memakai e-mail, username, dan sandi WordPress Anda.
Cara 8: Melengkapi Profile WordPress

Kadang, topik WordPress Anda memungkinkannya untuk tampilkan beberapa profile Anda. Misalkan, account Instagram, LinkedIn, biografi singkat, dll.

Anda bisa lengkapinya di menu Users > Profil > jika sudah komplet silahkan click Up-date Profile.

6. Instal Topik WordPress

Saat ikuti cara membuat blog sendiri dengan WordPress, Anda akan memperoleh beberapa ribu opsi tema.

Walau demikian, pilih topik jangan sembarangan. Karena topik nanti akan memengaruhi penampilan blog Anda secara kesemuaan.

Maka yakinkan Anda pilih topik yang pas dengan niche blog Anda, bisa dikustomisasi, mobile-friendly, dan mempunyai navigasi yang baik.

Bila Anda masih ingin coba atau melakukan eksperimen dengan blog, Anda bisa coba template gratis ditambah dulu. Kami sudah meringkas 50 referensi template WordPress gratis terbaik untuk Anda.

Tetapi, saat blog Anda mulai berkembang, kami anjurkan untuk up-grade dan memakai topik berbayar. Maksudnya, supaya blog berkesan semakin kompeten dan optimal untuk SEO.

About Pasha Yogi Pranata

Bermimpilah Setinggi Mukin Karna DI Dunia Nyata Itu Tidak Seindah Mimpi Mu.

Check Also

Cara Mengatasi Pembatasan Iklan Adsense

Bagaimana Cara Mengatasi Pembatasan Iklan Adsense

MasPasha.com – Google Adsense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google, …