Cara membeli Saham yang Menguntungkan Bagi para Pemula

Sekarang ini, trend investasi saham mengalami perubahan pesat. Di beberapa media sosial, Anda kemungkinan mendapati beberapa orang yang menempatkan kesuksesan mereka mengantongi banyak keuntungan cukup dengan bermain saham. Namun apa bermain saham memang segampang itu? Apa yang perlu disiapkan? Bagaimana cara beli saham untuk pemula supaya tidak rugi? Ini keterangannya.

Bagaimana Cara Beli Saham Untuk Pemula? Ketahui ini Dahulu

Saham adalah salah satunya tipe penghasilan sampingan yang paling digemari warga saat ini. Pikirkan, cukup dengan duduk di dalam rumah dan menyisihkan beberapa uang, Anda dapat hasilkan untung dari uang yang diganti jadi saham itu. Namun saat sebelum ulas selanjutnya mengenai cara beli saham untuk pemula, seharusnya Anda pahami beberapa hal berikut ditambah dulu.

Beberapa jenis saham yang bisa jadi investasi

Ada banyak tipe saham yang bisa Anda menjadikan fasilitas investasi sesuai profile resiko yang Anda tentukan, berikut keterangannya. Saham Blue Chip (Blue Chip Stoks) Saham Blue Chip adalah saham dari perusahaan besar dan terkenal dalam industrinya. Perusahaan blue chip adalah perusahaan yang bisa dibuktikan sanggup hasilkan dividen tinggi dan konstan untuk investor sepanjang bertahun-tahun.

TRENDING:  Cara Bermain Saham Untuk Pemula dengan Mudah

Saham Penghasilan (Penghasilan Stoks)

Saham penghasilan sebagai saham dari perusahaan yang tidak sebesar blue chip. Namun, perusahaan seperti ini punyai trend perkembangan dividen yang baik dari tahun ke tahun.

Saham Berkembang (Growth Stoks)

Saham berkembang (growth stoks) serupa dengan blue chip, tetapi belum terlampau stabil. Dividen dari perusahaan itu bisa rendah pada tahun ini dan melesat mencolok pada tahun depan. Tetapi dari sisi trend, dividen yang dibuat terus alami pertumbuhan.

Saham Spekulatif (Speculative Stoks)

Saham spekulatif adalah saham yang tidak bisa hasilkan dividen banyak secara konsisten. Namun, mempunyai potensi hasilkan dividen tinggi di masa datang.

TRENDING:  Mengenal apa itu Saham blue Chip

Saham Kontra-Siklus (Counter-Cyclical Stoks)

Saham kontra-siklus sebagai saham yang bisa hasilkan dividen tinggi dan konstan di saat-saat tertentu saja, misalkan periode krisis/wabah. Harga saham seperti ini melesat cuman di sejumlah waktu tertentu.

Tentukan risiko investasi yang paling cocok buat anda

Tiap investor bebas tentukan sekitar apa resiko yang ingin diterima. Bila Anda lebih sukai berhati-hati dan menghindar resiko, memiliki arti Anda adalah seorang yang konvensional. Kebalikannya, bila Anda berani ambil resiko sebanyak-banyaknya, maknanya Anda seorang yang condong agresif.

Dalami lebih dahulu perusahaan yang hendak dibeli sahamnya

Sesudah tentukan bujet dan resiko, tentukan perusahaan pada harga lot saham sesuai profile Anda. Dalami profile beberapa perusahaan paling Anda minati. Lalu pinggirkan satu atau beberapa perusahaan yang menurut Anda sesuai arah investasi Anda.

Analisis keadaan pasar saat sebelum melepaskan/beli saham

Investor saham perlu mempunyai naluri pertaruhan yang tinggi, agar tidak rugi saat harga sahamnya jatuh. Jadi saat sebelum putuskan beli, menambahkan, atau kurangi lot saham, seharusnya Anda analisis dahulu bagaimana keadaan bursa dampak saat ini. Yakinkan Anda tidak membuat keputusan yang malah bikin rugi Anda.

TRENDING:  Cara Main Saham yang Aman dan Menguntungkan

Investasi di sejumlah tipe saham sekalian

Supaya semakin aman, seharusnya Anda tidak menyimpan semua bujet yang Anda punyai ke satu perusahaan saja. Makin banyak tipe saham yang Anda punyai (blue chip, growth, dll), karena itu peluang untung Anda akan makin besar. Disamping itu ketika berada saham yang harga jatuh, Anda tidak rugi 100% karena masih tetap ada beberapa saham yang lain bisa dihandalkan. Demikian ulasan mengenai cara beli saham untuk sahabat OCBC NISP. Jadi seorang investor saham tidak susah asal Anda ketahui arah melakukan investasi, modal, dan beberapa langkahnya. Selamat melakukan investasi!

About Pasha Yogi Pranata

Bermimpilah Setinggi Mukin Karna DI Dunia Nyata Itu Tidak Seindah Mimpi Mu.

Check Also

Rekas Dana Saham

Tertarik Memulai Investasi? Simak Dulu Keuntungan Reksadana Ini

MasPasha.com – Reksadana sekarang menjadi satu diantara opsi investasi yang sering diputuskan oleh warga bermodal …