Cara Belajar SEO YouTube Untuk Pemula Agar Video Trending

MasPasha.com – Sama seperti Google, di YouTube juga Anda harus memenangi kompetisi pada hasil penelusuran video YouTube. Anda harus ada di rangking paling atas hasi penelusuran YouTube. Bagaimana cara memenangi kompetisi itu? Jawabnya adalah SEO YouTube!

Ya, dengan mengaplikasikan SEO YouTube yang pas, Anda dapat memenangi kompetisi di YouTube dan datangkan banyak pemirsa. Nach, jika Anda barusan menekuni di dunia social video YouTube dan mengharap mempunyai view yang banyak, baca tutorialnya berikut ini.

Pemahaman SEO YouTube

YouTube digunakan untuk basis promo, branding, atau cari uang dari iklan sama seperti dengan web. Trafik yang tinggi pada video dan munculnya iklan akan diubah jadi pendapatan dan dapat diambil dengan periodik. Jika video mempunyai view tinggi, pendapatan ikuti. Itu mengapa Anda wajib melakukan optimasi SEO YouTube.

SEO YouTube adalah cara optimasi dari video yang Anda bikin dan upload di YouTube. Arah khusus optimasi ini adalah membuat video semakin banyak dijangkau oleh warga. Dengan kata kunci tertentu, video dapat ada di status atas.

YouTube adalah mesin perayap sama seperti dengan Google. Apa yang berada di pangkalan datanya dapat diketemukan dengan kata kunci tertentu. Karena ide ini sama hal dengan SEO web, video perlu optimasi seperti pemberian kata kunci, tag, atau yang lain.

Jika Anda dapat memaksimalkan video dengan mengaplikasikan tehnik SEO, video dapat semakin gampang diketemukan dalam basis. Disamping itu video bisa juga ada dalam penelusuran di YouTube ingat basis ini dipunyai oleh Google. Info lebih terang mengenai tutorial SEO YouTube dapat Anda baca pada pembahasan seterusnya.

5 Cara Optimasi SEO YouTube

Ada banyak cara yang dapat Anda kerjakan untuk mengoptimalkan SEO YouTube yang Anda punyai. Cara itu terbagi dalam

  • Riset Keyword
  • Membuat Video dengan Kualitas Terbaik
  • Optimasi Metadata
  • Promo Video
  • Gunakan YouTube Analytics

Riset Keyword

Dalam tutorial SEO YouTube Anda pun mengenali yang bernama kata kunci atau kata kunci. Sama seperti dengan content yang ada di web, Anda tempatkan kata kunci dengan kerapatan tertentu dimulai dari kata kunci khusus, turunan, sampai persamaan katanya atau LSI.

Kata kunci pada YouTube akan tentukan status dari content yang Anda bikin. Contoh kata kunci “cara membuat sambal”. Kata kunci ini pasti mempunyai kompetisi yang besar. Mereka yang mempunyai viewers semakin banyak dan penganut semakin besar akan ada di rangking atas.

Jika Anda ingin mengoptimalkan content video yang telah atau akan dipublikasi, baca tutorial riset kata kunci berikut ini.

Temukan Kata Kunci Sesuai Niche

Jika Anda ingin masuk ke dunia YouTube secara professional, yang perlu dipikir dulu adalah niche atau topik yang Anda kuasai. Contoh Anda akan membuat niche dengan topik otomotif, kata kunci dapat sekitaran mobil, ulasan, dan eksperimen. Kebalikannya jika niche mengenai rekreasi, kata kunci terkait dengan tujuan dapat diberi.

Kata kunci ini penting untuk menarik banyak pemirsa baru jika halaman YouTube Anda masih termasuk baru. Jika sudah lama dan mempunyai pangkalan fans banyak, upload satu video saja dapat viral. Tetapi, jika masih pemula harus kerja pintar dengan mengoptimalkan kata kunci.

Pakai feature seperti Google Trends untuk menyaksikan tipe kata kunci yang diincar dan frasa turunannya. Dengan alat ini Anda akan mengetahui berapa banyak atau kuat kompetisinya. Lantas akan kelihatan berapakah kali kata kunci itu dicari tiap bulannya. Dari dasar ini Anda membuat content yang terancang.

Menganalisis Tren Terbaru

Coba lihat tab trends di YouTube. Pada masa tertentu video nomor satu selanjutnya mempunyai topik yang serupa. Contoh mengenai pembahasan kasus yang ramai atau ada peristiwa yang mengguncangkan. Disana Anda dapat menyaksikan jika YouTube berlaku trend dan dari trend itu Anda dapat menyuap viewers yang banyak.


Ada dua cara untuk menyaksikan trend yang terjadi pada YouTube. Pertama dari feature autocomplete yang berada di kolom penelusuran. Ke-2 dengan langsung menyaksikan tab trends dan diimbangi menyaksikan Google Trends. Terkadang apa yang ramai di sosial media dan mengenal informasi online bisa juga diangkat.

TRENDING:  25 ide blog paling populer terupdate oktober 2021

Maka membuat video atau mengkolase beragam info dan gambar supaya jadi video tidak asal-asalan dilaksanakan. Anda kemungkinan dapat membuat trend tertentu atas sesuatu yang dibikin. Tetapi, Anda bisa juga manfaatkan trend itu untuk tingkatkan jumlah pemirsa dengan cepat.

Koleksi Kata Kunci di Google

Sekitaran 20-40% trafik yang masuk ke YouTube datang dari penelusuran organik di Google. Ingat jatah penelusuran disana lumayan besar, Anda pun dianjurkan mengumpulkan kata kunci yang sering dipakai dan sama sesuai dengan niche yang Anda bangun.

Dengan kata kunci yang pas dan tambahan trend yang terjadi, optimasi dapat dilaksanakan dengan lebih gampang. Meskipun begitu, content original harus tetap dibikin supaya saluran YouTube yang Anda bikin tidak berkesan copycat atau cuman mengikuti saja.

Dalami bagaimana cara riset kata kunci di artikel 9 Cara Riset Kata kunci

Buat Video dengan Kualitas Terbaik

Sama seperti Google, algoritme YouTube sulit dan kerap berbeda. Dengan kata kunci yang serupa, bisa jadi video Anda pada halaman penelusuran kesekian dan punyai seseorang ada di daftar teratas.

Dalam penelusuran YouTube, video yang ada di atas adalah video yang dipandang paling cocok dengan kata kunci atau berkaitan. Nach, saat sebelum lakukan beragam optimasi mulai dengan lakukan riset kata kunci, sebaiknya Anda ketahui tipe video yang dicintai oleh YouTube tersebut, berikut secara lengkap.

Perbaiki Kualitas Editing

Kualitas koreksi tentukan apa video akan tempati rangking tinggi atau justru terbenam di bawah. Jika tehnik koreksi video masih jelek, memperoleh viewer banyak akan susah terkecuali content didalamnya memacu trending dan beberapa orang ingin tahu untuk menyaksikannya.

Pastikan Originalitas Video

Membuat content yang orisinal itu wajib walau cukup susah.Jika Anda lakukan plagiat, YouTube akan ketahui hal tersebut. Apa lagi jika ada content video atau musik yang mempunyai hak cipta. Basis langsung bisa menurunkannya atau mungkin tidak dapat dimonetisasi.

Tidak boleh menggunakan cara yang instant. Lebih bagus membuat content original yang berkualitas. Asal optimasinya baik dan Anda mengusai mengimplementasikan cara SEO YouTube lain, video akan memperoleh banyak view.

Lihat Durasi waktu

Durasi waktu dari video tentukan apa nanti content gampang diindeks dengan kata kunci tertentu atau mungkin tidak. Sebagian orang yang lakukan monetisasi selalu membuat video di atas 5 menit. Video dengan durasi waktu ini juga mempunyai persyaratan untuk dimonetisasi seperti ditampilkan Adsense.

Buat Thumbnail yang Menarik

Paket dari video harus menarik dan berisi siapa yang kebenaran mendapatinya ingin tahu. Paket ini meliputi thumbnails pada video. Tidak boleh mengupload video lalu melaunchingnya tanpa sisi ini. Klik bait dalam kalimat atau hal menarik dari video dapat dimasukkan pada sisi ini.

Pertimbangkan Selera Penonton

Video yang berkualitas diperlukan untuk membuat beberapa orang sukai dan pada akhirnya ingin membagi atau disaksikan seringkali. Makin banyak video disaksikan oleh pemakai YouTube, index dari video ini akan baik. Dengan kata kunci yang serupa, video akan gampang tampil pada halaman awalnya penelusuran YouTube.

Makin besar jumlah subscriber yang Anda punyai, makin besar juga kesempatan akan ada di posisi teratas. Selainnya mengurus video, lihat beberapa pemirsa supaya mereka lebih setia dan terus akan kembali tiap ada content baru.

Optimasi Metadata

Pada ulasan awalnya Anda banyak menjelaskan kata kunci atau kata kunci. Tetapi, Anda belum mengetahui di mana kata kunci itu harus ditempatkan. Apa harus dalam video atau pada deskripsi, caption, tag, atau semacamnya.

Di bagian ini Anda akan mengulas bagaimana optimasi SEO YouTube itu dilaksanakan dan dimanapun kata kunci di taruh. Berikut pembahasan secara lengkap

Sisipkan Kata Kunci di Judul

Ketentuan judul dan kata kunci berlaku pada video yang diupload di YouTube. Anda harus membuat judul yang berisi kata kunci, turunannya, atau persamaan katanya. Kata kunci pada judul akan dipakai sebagai umpan saat lakukan penelusuran. Makin berkaitan judul dengan kata kunci, kemungkinan akan ada di halaman pertama.

TRENDING:  Ciri ciri akun whatsapp di hack atau di sadap orang lain

Sedapat mungkin kata kunci ada di sejumlah watak sisi depan. Biasanya ada batas sekitaran 60 watak. Jika lebih dari itu, judul akan automatis terpenggal pada hasil penelusuran YouTube. Ini pasti akan sayang, apa lagi jika isinya memang berkualitas.

Seterusnya, upayakan judul yang berisi kata kunci berkaitan dengan isi pada video. Jika tidak berkaitan dan cuman bermain dengan klik bait, bisa jadi video Anda akan di turunkan atau memperoleh report. Kalaulah ada klik bait, upayakan masih tetap berkaitan dengan content yang dihidangkan.

Optimasi Deskripsi Video

Selainnya pada judul, kata kunci yang ditarget harus juga ada pada deskripsi. Apa saja yang terjadi, jangan dibiarkan kolom deskripsi yang panjangnya sampai 1.000 watak ini kosong. Beri deskripsi sama sesuai dengan video atau masukan CTA (call to action) atau ajakan.

Saat membuat deskripsi, upayakan untuk masukkan kata kunci yang ditarget di 100 watak pertama atau 2-3 baris pertama. Sisi itu akan ada pada video saat sebelum pemirsa lakukan click pada tulisan “Show more”. Upayakan kata kunci, CTA, atau poin utama yang lain ada di bagian itu.

Sebagian orang memberinya transkrip dari kalimat yang ada dari video. Disana Anda bisa juga masukkan kata kunci yang tepat. Kerjakan dengan betul dan berhati-hati dan janganlah sampai kata kunci yang ditarget malah saltik atau salah ketik.

Masukan Tag yang Tepat

Kata kunci bukan hanya dimasukkan ke deskripsi dan judul. Optimasi dalam mesin harus juga dilaksanakan. Anda pun perlu masukkan kata kunci yang sama sesuai dengan video dan kata kunci yang lain berkaitan di tag. Tag menolong Google dan YouTube untuk pahami kerangka video Anda. Jika kata kunci dioptimalkan pada dua hal tersebut, optimasi dapat berjalan mulus.

Beri Hashtag yang Sama sesuai

Selainnya tag yang tidak kelihatan di luar, Anda harus juga masukkan tagar atau hashtag yang tepat. Hashtag ini keluar pada bagian atas judul berbentuk pertanda pagar dituruti dengan beragam kata yang tepat. Saat tagar di-click, YouTube akan tampilkan video dengan tagar sama hingga penelusuran menjadi lebih detil.

Buat Thumbnail yang Sama sesuai dengan Isi Video

Tehnologi dari Google dan turunannya terhitung YouTube sangat hebat dan dapat mengenal object seperti tulisan dalam gambar. Oleh karenanya Anda dianjurkan menyimpan kata kunci atau yang terkait di thumbnail. Tempatkan secara seimbang dan tidak boleh terlalu berlebih.

Promokan Video

Sesudah lakukan beragam cara SEO YouTube di atas, apa pekerjaan ini telah usai? Jawabnya pasti tidak. Ada beberapa hal yang perlu dilaksanakan untuk menarik banyak pemirsa video. Cara itu dilaksanakan dengan lakukan promo. Berikut sejumlah cara promo video yang akurat.

Pakai Media Sosial yang Pas

Sosial media mempunyai peran cukup penting untuk lakukan konten pemasaran berbentuk apa saja terhitung video. Anda cukup share di sosial media yang Anda punyai seperti Twitter atau Instagram.

Beri link dan footage video yang berisi rangkuman atau beberapa bagian yang dapat membuat orang ingin tahu. Dengan lakukan itu mereka akan tertarik lakukan click. Cara ini cukup efisien walau tidak sesignifikan dari penelusuran organik di YouTube tersebut,

Buat Komunitas

Jika kanal atau saluran yang dipunyai telah besar dan mempunyai basis fans yang besar, sebaiknya untuk memulai merajut komunikasi. Anda dapat memberinya balasan pada kolom komentar atau jika telah banyak cukup lakukan like sebagai pertanda ada hubungan yang terjadi.

Iklankan Video Anda

Jika video yang dibikin dipakai untuk kampanye produk dengan dana yang besar, pasti dengan posting saja kurang cukup. Karena maksudnya adalah memperoleh banyak capaian, iklan dapat diaplikasikan. Anda dapat mempromokan video Anda lewat service iklan Google AdSense. Dengan Google AdSense, Anda dapat tentukan di mana iklan akan diperlihatkan, satu diantaranya adalah YouTube.

Evaluasi Video YouTube Anda

Sesudah jalankan ke-4 cara di atas, masih tetap ada satu cara kembali yang juga sangat penting, yakni penilaian. Anda perlu lakukan penilaian kesemua video yang telah Anda launching.

TRENDING:  Tutorial membuat Twibbon Terbaru oktober 2021

Cara Hasilkan Uang dari YouTube

Yakinkan Anda Telah Mempunyai Account YouTube Ya, sebagai langkah pertama belajar SEO YouTube yang perlu Anda ketahui dan melakukan sudah tentu Anda harus lebih dahulu mempunyai account YouTube tersebut. Bagaimana Anda dapat belajar SEO YouTube jika Anda rupanya tidak mempunyai account YouTube?

Mulai Unggah Video Secara Teratur

Sebagai salah satunya cara mendapatkan uang dari YouTube Anda sudah pasti dianjurkan untuk membikin konte video yang orisinal untuk diupload di kanal YouTube yang telah dibikin barusan. Tetapi meski begitu, yakinkan juga content video itu mematuhi hak cipta seseorang, dimulai dari video klip, gambar, simbol, sampai back sound.

Anda agar lebih rajin dan teratur kembali pada mengupload video ke kanal YouTube. Minimal Anda harus mengupload sekitaran 100-200 video orisinal yang unik dan memikat buat memperoleh pendapatan semakin besar kembali. Makin banyanya video yang diupload, maka semakin besar juga peluang Anda untuk memperoleh pendapatan dari YouTube.

YouTube sekarang bukan hanya jadi basis video untuk cari video sebagai selingan semata-mata. Beberapa orang coba keberuntungan cari pendapatan dan rekam jejak dengan jadi seorang YouTuber. Sebetulnya, cara menghasilkan uang dari YouTube cukup bermacam. Tetapi ada banyak ketetapan yang harus disanggupi.

Team pengembang dari basis Youtube sudah memutuskan algoritme terbaik hingga tampilkan opsi video yang pas disamping pemakai, namun tetap memberikan keuntungan untuk pemilik saluran. Supaya tidak salah cara dan dapat optimal dalam berkreasi, lihat bagaimana cara menghasilkan uang dari YouTube berikut!

Bagaimana Cara Memperoleh Uang dari YouTube?

Sebagian orang menduga cuman dengan membuat dan mengunggah sebuah video di YouTube saja, mereka akan menghasilkan uang. Tetapi realitanya ada banyak ketetapan yang perlu dilaksanakan dan dipunyai.

Salah satunya cara menghasilkan uang dari YouTube adalah dengan aktifkan feature monetisasi di bagian “Kanal Anda” di YouTube. Basis itu sediakan lima service monetisasi dengan persyaratan dan ketetapan yang lain.

Pendapatan Iklan (AdSense)

Service monetisasi yang ini sebagai service dengan syarat yang termudah. Ketentuannya adalah pemilik account berumur minimum 18 tahun atau juga bisa ada wali sebagai pengiring dalam tangani pembayaran lewat AdSense.

Lalu content seperti apa yang penuhi cara menghasilkan uang dari YouTube dengan AdSense? YouTube tidak batasi topik ulasan, tetapi video Anda jangan berisi kekerasan, content penghinaan, content dewasa, narkotika, dan yang lain.

Langganan Channel

Beberapa persyaratan untuk manfaatkan service cara menghasilkan uang dari Youtube ini ada dua, yang pertama adalah berumur minimum 18 tahun dan yang ke-2 yakni kanal Anda harus mempunyai lebih dari 1000 subscribers.

Maknanya, anda harus memperoleh minimum seribu orang yang memencet tombol subscribe atau berlangganan pada saluran Anda.

Galeri Merchandise

Cara menghasilkan uang dari YouTube seterusnya adalah dengan membuat galeri merchandise. Anda dapat masukkan penawaran produk dalam video yang dibikin. Tetapi, yakinkan merch yang Anda jual mempunyai kualitas yang oke. Untuk feature galeri merchandise cuman ada untuk saluran yang mempunyai 10.000 subscriber dan telah berumur di atas 18 tahun.

Super Chat dan Super Stickers

Feature YouTube yang lain yang dapat dipakai sebagai kesempatan cara menghasilkan uang dari YouTube untuk Anda adalah Super Chat dan Super Stickers. Sedikit berlainan dengan service lainnya, feature ini cuman dapat dipakai saat Anda lakukan tayangan live.

Ke-2 feature itu akan aktif lewat kotak kometar yang ada saat premiere. Penghasilan Anda akan masuk saat seorang pemakai memilih untuk beli dan memakai ke-2 feature itu.

Pendapatan YouTube Premium

YouTube Premium adalah service berbayar yang disiapkan oleh YouTube Tahun-tahun ini YouTube sudah buka service berbayar mereka. Kesempatan ini menjadi satu diantara cara menghasilkan uang dari YouTube untuk Anda.

Dengan service ini, Anda perlu membuat content untuk dicicipi pemakai YouTube Premium. Penghasilan Anda akan turut semakin bertambah bila konsumen setia membayar ulangi tiap bulannya.

About Pasha Yogi Pranata

Bermimpilah Setinggi Mukin Karna DI Dunia Nyata Itu Tidak Seindah Mimpi Mu.

Check Also

ciri ciri hanphone di hack

Ciri ciri akun whatsapp di hack atau di sadap orang lain

Sekarang ini WhatsApp jadi aplikasi pesan sosial terpopuler di dunia dengan pemakai aktif bulanan sekitar …