Bagaimana Hukum Asuransi menurut agama Islam

Berbicara mengenai asuransi, tidak seluruhnya orang berpendapat yang sama. Terutamanya untuk kaum muslim, asuransi masih dihubungkan dengan elemen ribawi yang berlawanan dengan konsep syariah.

Ini menyebabkan ketidaksamaan opini mengenai hukum asuransi dalam islam. Walau sekarang ini telah berkembang asuransi syariah yang digerakkan berdasar konsep islam dan dipantau oleh Dewan Syariah, tetapi tetap banyak orang yang sangsi akan hukum asuransi dalam islam. Ada banyak pertanyaan berkaitan bagaimana hukum asuransi dalam islam, bolehkah atau mungkin tidak?

Asuransi pada umumnya mempunyai tujuan untuk memberi pelindungan atau perlindungan pada resiko rugi keuangan di selanjutnya hari. Perlindungan itu diganti dengan pembayaran premi yang dibayar oleh nasabah dalam masa tertentu. Selanjutnya dana premi akan diatur oleh perusahaan asuransi hingga keuntungan dari pengendalian dana itu dipakai untuk tutupi resiko dan rugi yang kemungkinan muncul.

Asuransi menurut sudut pandang atau penglihatan hukum Islam bukan sebuah jual-beli yang dihalalkan. Pelindungan yang diberi oleh asuransi tidak mempunyai bentuk hingga sering dipandang seperti riba yang diharamkan. Meski begitu, ada pula beberapa ulama yang memiliki pendapat jika asuransi mempunyai faedah membuat perlindungan diri dan mempunyai karakter bantu-membantu antara sesama. Itu penyebabnya beberapa ulama memiliki pendapat jika asuransi syariah yang digerakkan berdasar konsep islam hukumnya halal.

TRENDING:  Perbedaan asuransi jiwa syariah dengan asuransi jiwa konvensional

apakah itu asuransi

Asuransi adalah pertanggungan atau kesepakatan di antara dua sebelah pihak, di mana faksi satu berkewajiban bayar pungutan/kontributor/premi.

Asuransi Dan Maqashidus Syariah

Dasar khusus umat Islam di kehidupan adalah Al Quran dan As Sunnah. Lalu apa asuransi berada di dalam Al Quran? Secara eksplisit, kata asuransi tidak diketemukan dalam Al Quran. Ditambah asuransi umum yang memiliki kandungan elemen ribawi, memang berlawanan dengan konsep islam. Tetapi kehadiran asuransi syariah dipandang seperti jembatan untuk umat Islam untuk mendapat perlindungan atau pelindungan tetapi tidak berlawanan dengan konsep syariah.

TRENDING:  Cara Mendapatkan Penawaran Asuransi Mobil Terbaik

Asuransi syariah berpedoman ide syariah sebagai sebuah jalan keluar dan alternatif lain supaya tidak terperosok dalam produk ribawi. Kedatangan asuransi syariah diharap sanggup merealisasikan manfaat umat dan menyejahterakan ekonomi umat dengan mematuhi konsep syariah. Nach, dalam merealisasikan niat itu karena itu harus ada dasar khusus dalam produk asuransi syariah, yakni harus memerhatikan arah syariat atau disebutkan maqashidus syariah.

Konsep Dasar Asuransi Syariah

Hukum asuransi dalam Islam memang masih jadi pembicaraan, tetapi beberapa ulama membolehkan asal sesuai konsep atau syariat Islam. Kehadiran produk asuransi syariah yang sesuai konsep syariah jadi pintu gerbang umat dalam mendapat pelindungan. Tentu saja ide asuransi syariah juga berlainan dengan asuransi umum atau konservatif pada umumnya. Berikut adalah ide dasar asuransi syariah yang penting kamu tahu.

TRENDING:  Pengertian asuransi syariah dalam agama islam

Apa bekerja di asuransi terhitung riba?

Sepanjang umat Islam yakini jika asuransi berkaitan dengan arah bermuamalah, dalam masalah ini saling menolong sama-sama umat dan tidak mengikutsertakan riba atau permainan judi, karena itu hukum bekerja di asuransi adalah halal.

Apa asuransi itu haram?

Ulama Nahdlatul Ulama (NU) sudah 2x memutuskan fatwa mengenai asuransi jiwa. Pertama, ulama NU memutuskan fatwa itu dalam Kongres NU ke-14 di Magelang pada 1 Juli 1939. Dalam fatwanya, ulama NU memutuskan, mengansuransikan jiwa atau yang lain di kantor asuransi itu hukumnya haram, karena terhitung judi.

Apa arah dari asuransi?

Asuransi mempunyai beberapa arah, diantaranya yakni sebagai pemberi agunan ke nasabah supaya terlindungi dari resiko-risiko yang hendak dialami bila terjadi peristiwa yang tidak terduga. Ini pasti benar-benar memberikan keuntungan untuk nasabah karena jumlah rugi yang dialami banyaknya tidak tentu.

About Pasha Yogi Pranata

Bermimpilah Setinggi Mukin Karna DI Dunia Nyata Itu Tidak Seindah Mimpi Mu.

Check Also

Asuransi Kesehatan Terbaik di Indinesia update 2021

Asuransi Kesehatan Terbaik di Indinesia update 2021

Ongkos rumah sakit di Indonesia makin bertambah dari tahun ke tahun, ini membuat warga indonesia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.