Apa itu SEO? Pengertian, Konsep Dasar, dan Manfaatnya Bagi Seorang Blogger

Apa itu SEO? Pertanyaan itu kerap disodorkan oleh beberapa orang yang baru memulai membuat web atau website. Argumennya, dengan mengaplikasikan beberapa cara optimisasi SEO, web atau website lebih gampang memperoleh rangking tinggi pada hasil penelusuran Google.

Apa asumsi itu betul?

Yap, secara simpel, memang itu faedah dari implementasi SEO di web atau website. Tetapi, itu baru sejumlah kecil dari ide SEO. Nach, di artikel ini kami akan mengulas selengkapnya apa itu SEO. Dari pemahaman SEO, langkah kerjanya,beberapa indikator khusus SEO, sampai kenapa SEO penting untuk web Anda.

Pemahaman SEO

Search Engine Optimization atau SEO ialah usaha optimasi web untuk memperoleh rangking paling atas pada hasil penelusuran. Dengan memperoleh rangking tinggi pada hasil penelusuran, kekuatan traffic organik Anda juga bertambah.

Selainnya hasilkan traffic organik yang tinggi, SEO akan menolong Anda memperoleh traffic yang tepat. Jadi Anda bukan hanya konsentrasi pada traffic tinggi, tapi juga traffic yang pas sesuai arah khusus web Anda.

Untuk dapat memperoleh traffic tinggi yang pas target, Anda perlu ikuti beberapa aturan yang sudah diputuskan oleh mesin perayap, dalam masalah ini Google. Anda perlu pahami bagaimanakah cara kerja SEO, algoritme Google, dan tanda khusus SEO. Semua akan Anda dalami di bab-bab seterusnya berikut ini.

Langkah Kerja SEO

Mesin perayap memakai algoritme tertentu untuk tentukan content yang mana pantas tempati rangking paling atas hasil penelusuran. Ini berlaku untuk semuanya mesin perayap baik itu Google, Yahoo!, Bing, atau Duckduckgo.

Kami tidak mengulas algoritme setiap mesin perayap. Di sini kami cuman mengulas algoritme Google. Mengapa? Karena Google kuasai lebih dari 90 % market share mesin perayap di penjuru dunia . Maka saat mengulas langkah kerja SEO, algoritme Google jadi dasarnya.

Google selalu mengupdate algoritmenya untuk memberinya hasil penelusuran yang lebih berkaitan dan solutif untuk pemakainya. Dari 2011 hingga saat ini, minimal telah ada delapan major up-date untuk algoritme Google.

Jadi Anda selalu harus up-date mengenai algoritme Google ini. Karena cara optimisasi yang berdasar algoritme lama Google tidak memberinya dampak apa juga. Misalkan, salah satunya strategi lama yang dipakai ialah kata kunci stuffing.

Kata kunci stuffing ialah praktek masukkan konsentrasi kata kunci sebanyaknya dalam suatu artikel. Strategi ini dahulu cukup efisien, bahkan juga bila content Anda singkat dan tidak berkaitan benar-benar dengan konsentrasi kata kunci yang Anda masukan.

Tetapi, dengan penyempurnaan algoritme Google, sekarang strategi itu tak lagi efisien. Bahkan juga Anda dapat terserang penalti bila kedapatan mengaplikasikannya. Content Anda dapat dipandang berisi spamming bila kebanyakan mengulang-ulang konsentrasi kata kunci.

TRENDING:  Ngeblog di Jejaring Sosial Anda Dengan Organik Traffic

Jika demikian, cara optimisasi SEO seperti apa yang sesuai algoritme Google terkini? Minimal ada delapan tanda SEO berdasar algoritme Google terkini, dari susunan URL sampai kecepatan web.

8 Tanda Khusus SEO

Tanda khusus SEO selalu berbeda secara periodik. Peralihan tanda ini tergantung pada algoritme Google. Bila Google mengupdate algoritmenya, tanda SEO juga berbeda.

1. Susunan URL

Susunan URL yang simpel mempermudah mesin perayap untuk mengenal web Anda dan topik khusus yang Anda ulas. Seharusnya buat susunan URL yang simpel, cukup memiliki kandungan nama domain dan judul artikel. Berikut contoh susunan URL yang bagus.

2. Pemakaian SSL/TLS

Semenjak 2014, Google mulai memprioritaskan situs-situs yang memakai SSL/TLS. Karena web dengan SSL/TLS mengenkripsi semua data transfer yang terjadi di web itu . Maka keamanan data pemakai semakin aman.

Disamping itu, Google Krom sudah mengidentifikasi web tanpa SSL/TLS sebagai not secure. Bila domain web Anda belum memakai SSL/TLS, saat ini ialah saat yang pas untuk aktifkan.

Langkah ketahui apa web Anda telah menggunakan SSL/TLS atau memang belum ialah menyaksikan alamat web di browser. Jika dengan diawali HTTP, maknanya web Anda belum memakai SSL/TLS. Web yang telah aktifkan SSL/TLS, alamat situsnya dengan diawali HTTPS.

3. Topik Content

Anda harus mempunyai beberapa topik khusus yang sama-sama terkait untuk membuat susunan web yang bagus. Sesudah tentukan beberapa topik khusus, Anda perlu membuat content berkenaan beberapa topik itu.

Misalkan, Anda punyai website traveling. Minimal ada banyak topik khusus seperti jalanan, kulineran, dan pemondokan. Ke-3 topik itu sama-sama terkait dengan topik khusus website, yakni traveling.

Makin banyak content yang mengulas topik yang sama-sama terkait, makin kemungkinan besar web Anda untuk ada di halaman pertama hasil penelusuran topik itu. Karena web dengan content yang topiknya sama-sama terkait lebih gampang dikenal oleh mesin perayap.

4. Search Intent

Satu keyword dapat ditujukan untuk dua hal yang lain atau lebih. Search intent atau tujuan penelusuran ialah apa yang diharapkan oleh banyak pencarian pada satu keyword tertentu.

Misalkan, saat masukkan keyword “bola” di Google, hasil penelusuran teratasnya akan tampilkan bermacam portal informasi bola semacam ini:

Mengapa web yang mengulas pemahaman bola, tipe bola, beberapa macam bola tidak dapat meraih kemenangan di keyword ini? Karena sebagian besar pemakai yang cari keyword “bola” berniat untuk cari informasi bola, bukan pemahaman bola dan beberapa jenisnya . Maka Google memprioritaskan content yang sesuai search intent umumnya pemakai.

5. Susunan Content

Selainnya sesuaikan content dengan search intent, Anda harus juga membuat content yang gampang dimengerti. Ringankan pembaca dalam mendapati jawabnya di content Anda dengan susunan yang pasti dan rapi.

TRENDING:  Cara Menulis Artikel Agar Seo Friendly

Triknya lumayan gampang, yakni memakai heading dan subheading untuk beberapa poin terpenting dalam content. Anda bisa juga menambah photo, gambar contoh, infografik, atau bahkan juga video untuk menolong pembaca pahami content Anda.

6. Meta Tags

Meta tags terbagi dalam judul tag dan meta description. Perannya ialah menolong Google untuk pahami keseluruhnya content dalam suatu halaman web. Pertama, judul tag ialah judul artikel Anda yang ada pada hasil penelusuran. Judul artikel tidak dapat terlampau panjang karena Google akan mengguntingnya sama sesuai standard yang berjalan.

Ke-2 , meta description ialah text yang meringkas content Anda pada hasil penelusuran. Text ini berada pas di bawah judul dan URL artikel. Meta description umumnya terbagi dalam 120 sampai 130 watak.

8. Kecepatan Web

Kecepatan loading web memiliki peran penting dalam SEO Anda. Semenjak 2018, Google memutuskan kecepatan loading web (di desktop dan piranti mobile) sebagai salah satunya tanda khusus SEO. Makin cepat loading web, makin kemungkinan besar untuk memperoleh rangking semakin tinggi pada hasil penelusuran Google.

Tipe-Jenis SEO

Ada dua tipe SEO, yakni SEO on page dan SEO off page. Ke-2 nya sama penting dan sama-sama terkait . Maka Anda harus mengaplikasikan ke-2 nya untuk praktek SEO di web Anda semakin maksimal.

SEO On Page

Apa itu SEO on page? SEO on page ialah beberapa langkah optimisasi SEO yang sudah dilakukan dalam web Anda. Langkah-langkah optimisasi SEO on page mencakup: permalink, judul content, susunan content, pemakaian heading, kecepatan web, topik responsive, sampai intern linking.

SEO Off Page

Berlainan dari SEO on page, SEO off page ialah beberapa cara optimisasi SEO yang sudah dilakukan di luar web Anda . Maka optimasi content dan web Anda saja belumlah cukup. Ada beberapa factor di luar web yang dapat punya pengaruh pada kualitas SEO Anda.

Salah satunya factor di luar web yang cukup memengaruhi kualitas SEO ialah back-link atau inbound link. Back-link jadi tanda jika content Anda jadi referensi web lain. Makin beberapa website berkualitas yang mengarah ke content Anda, makin baik. Google memandang web Anda sebagai web yang dapat dipercaya dan mempertingkat kesempatan untuk naik rangking.

Mengapa SEO Penting untuk Web?

SEO bukan jadi opsi kembali, tetapi kewajiban untuk semuanya web. Kenapa cara optimisasi ini demikian penting? Apa faedahnya untuk web Anda?

1. Mesin Pencarian ialah Sumber Info

Sekarang beberapa orang dapat memperoleh info cuman dengan 1 click saja, yakni dengan mesin perayap. Di Indonesia sendiri, 75 % pemakai internet telah terlatih memakai mesin perayap seperti Google untuk cari bermacam jenis info, dari info harga, informasi, info kesehatan, sampai info politik.

TRENDING:  Tech Blogger Template Free Crack By MasPasha

2. Traffic Dikuasai Content di Halaman Pertama

Ada pada hasil penelusuran Google saja kurang cukup. Bila content Anda cuman ada di halaman ke-2 , ke-3 , atau bahkan juga di atasnya, peluang untuk memperoleh traffic lebih kecil. Content Anda minimal harus ada di halaman pertama!

Menurut Infront Webworks, 91,5 % traffic dikuasai oleh web yang ada di halaman pertama hasil penelusuran Google. Lebih detil kembali, 91,5 % traffic itu dikuasai oleh tiga status paling atas. Secara berurut, urutan kesatu, ke-2 , dan ke-3 masing-masing memperoleh traffic sejumlah 29,6 %, 13,1 %, dan 9,2 %

3. Web Anda Diketemukan Lewat Bermacam Keyword

Dengan mengaplikasikan cara optimisasi SEO, web Anda akan semakin gampang diketemukan dari bermacam keyword. Anda dapat mencapai semakin banyak audience memakai bermacam jenis keyword yang terkait dengan topik khusus Anda.

Misalkan, topik khusus web/website Anda ialah olahraga. Ada beberapa keyword terkait dengan berolahraga yang dapat Anda bidik. Anda dapat mengulas mengenai sepak bola, basket, voli, badminton, dan beberapa topik lain yang terkait dengan berolahraga.

4. Merek Awareness dan Integritas Bertambah

Sekitar 88 % customer lakukan penelitian online saat sebelum lakukan pembelian. Kondisi ini menuntut pemilik usaha untuk dapat mempunyai merek awareness yang bagus supaya bisa selalu diketemukan di jagat maya. Salah satunya langkah terbaik untuk membuat merek awareness di zaman digital ini dengan mempertingkat kualitas SEO.

Makin gampang web Anda diketemukan pada hasil penelusuran Google, makin beberapa orang yang ketahui web Anda. Dengan demikian beberapa orang akan makin akrab dengan usaha Anda dan merek awareness online Anda bertambah.

5. Traffic Organik Lebih Gampang Diubah

Salah satunya argumen kenapa SEO demikian penting untuk usaha ialah keringanan untuk alterasi (conversion). Pengunjung yang tiba secara organik condong lebih gampang diubah jadi leads atau konsumen setia. Berdasar data SimilarWeb, traffic organik 10 kali lebih gampang diubah dibanding traffic dari sosial media.
Telah Siap Mengaplikasikan Optimisasi SEO?

Begitu keterangan berkenaan apa itu SEO dan langkah kerja, tanda, dan faedahnya. Keinginannya dengan membaca artikel ini Anda telah memahami beberapa dasar SEO, dari pemahaman SEO sampai beberapa faktor khusus yang memengaruhinya.

Bila memahami ide dasarnya, ambil e-book gratis berikut ini untuk mulai cara optimisasi SEO di web Anda. Aplikasikan 30 cara optimisasi SEO dasar di e-book ini dan peroleh traffic tinggi untuk web Anda!

About Pasha Yogi Pranata

Bermimpilah Setinggi Mukin Karna DI Dunia Nyata Itu Tidak Seindah Mimpi Mu.

Check Also

25 ide blog paling populer terupdate oktober 2021

25 ide blog paling populer terupdate oktober 2021

Blogging sebagai salah satunya cara terbaik untuk memberinya info mengenai hoby dan ide Anda sambil …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *