12 Tempat Wisata Di Kebumen Yang Menarik Untuk Dikunjungi Oleh Wisatawan

MasPasha.com – 12 Tempat Wisata Di Kebumen Yang Menarik Untuk Didatangi, Tempat Wisata Paling indah – Jawa tengah merupakan wilayah yang mempunyai banyak objek wisata yang bagus sekali dan cantik. Satu diantaranya ialah di Kabupaten Kebumen. Kabupaten Kebumen sebuah kabupaten di Jawa tengah yang berada di ujung sisi selatan Pulau Jawa.

Kabupaten Kebumen bersebelahan dengan Kabupaten Banjarnegara di samping utara, Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Cilacap di samping Barat, Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Purworejo di samping timur dan bersebelahan dengan Samudera Hindia di samping selatan. Karena bersebelahan dengan laut ini aka ada banyak daerah yang mempunyai pantai dan beberapa diataranya mempunyai panorama yang cantik hingga ditingkatkan jadi tempat wisata.

12 Tempat Wisata Kebumen Jawa tengah

Kebumen mempunyai keadaan dan struktur tanah yang cukup keras dan cuaca panas. Tapi meski begitu, Kabupaten Kebumen banyak mempunyai wisata alam yang cantik. Tempat wisata di kebumen dan sekelilingnya sering jadi arah wisata khususnya saat liburan datang. Selainnya wisata pantai, ada goa, gunung, waduk dan tempat wisata yang lain yang bisa anda datangi. Untuk memperjelasnya, berikut ialah 12 Tempat Wisata Di Kebumen Yang Menarik Untuk Didatangi.

Pantai Ayah

Pantai Ayah
Pantai Ayah

Pantai Ayah sebagai salah satunya tempat wisata favorite di Kabupaten Kebumen. Pantai Ayah mempunyai nama lain Pantai Logending. Pantai Ayah banyak didatangi oleh pelancong karena pemandangnnya yang cantik. Di pantai ayah ini pengunjung bisa sewa perahu dan berkeliling-keliling disekitaran pantai sekalian nikmati panorama air laut dan bukit-bukit disekitaran laut.

Disamping itu Pantai Ayah jadi sebagai Dermaga Pendaratan Ikan hingga pada saat tertentu akan ditemui nelayan yang bawa ikan dari hasil berlayar. Bila tertarik pengunjung Pantai Ayah bisa beli ikan-ikan dari nelayan ini. Posisi Pantai Ayah ialah di Dusun Ayah, Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen dan cuman memiliki jarak 53 km dari pusat Kota Kebumen.

Pantai Karangbolong

pantai karangbolong kebumen
pantai karangbolong kebumen

Selainnya Pantai Ayah, tempat wisata menarik di kebumen yang lain ialah Pantai Karangbolong. Diberi nama Karangbolong karena di objek wisata di Kebumen berbentuk pantai ini ada sebuah karang yang berlubang atau berlubang. Pantai Karangbolong mempunyai panorama yang tidak kalah menarik dibandingkan wisata yang lain. Tebing karang disekitaran Pantai Karangbolong ini lebih banyak disinggahi burung walet, hingga masyarakat sekitaran banyak yang memburu sarang burung walet disekitaran pantai.

TRENDING:  12 Tempat Wisata di Kota Semarang yang Menarik Untuk Dikunjungi Cocok Untuk Foto

Pantai Menganti

Pantai Menganti
Pantai Menganti

Tempat wisata Pantai di Kebumen ini bisa anda menempuh dari kecamatan Gombong dalam jarak lebih kurang 40 km atau persisnya ada di Dusun Karangduwur, Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. Di tempat ini, anda bisa nikmati panorama laut dengan udara sejuk di atas mercusuar, yang berada di teritori objek wisata. Untuk anda yang takut dengan ketinggian yang capai 20 mtr. ini, tidak boleh cemas. Anda tetap dapat nikmati panoramanya dari dasar atau pinggiran pantai. Yang tentu saja tidak kalah cantik dan memesona.

Pantai Rowo di Lembupurwo

Pantai Rowo di Lembupurwo
Pantai Rowo di Lembupurwo

Tempat wisata di Kebumen ini tidak setenar beberapa pantai yang lain, seperti Pantai Ayah, Pantai Menganti dan Pantai Karang Berlubang. Namun Pantai Rowo di Lembupurwo ini memiliki panorama alam pantai yang juga cantik dan tidak kalah menarik. Anda akan senang sesudah mendatanginya. Selainnya panorama yang cantik berbentuk bentangan pasir hitam, di teritori pantai di kebumen jawa tengah ini ada juga danau rawa dan pohon-pohonan cemara yang teduh disekitaran pantai. Wisata pantai kebumen Pantai Rowo ini beralamat di Dusun Lembupurwo Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen.

Goa Jatijajar

Goa Jatijajar
Goa Jatijajar

Kabupaten Kebumen dilalui oleh pegunungan karst yang diberi nama Teritori Karst Gombong Selatan. Ini mengakibatkan di teritori ini tercipta beberapa goa yang memikat buat didatangi. Goa yang ada di Kebumen ini satu diantaranya ialah Goa Jatijajar. Goa Jatijajar mempunyai panorama yang eksotik yakni berbentuk rangkaian stalagtid dan stalagmit yang cantik. Selainnya bisa menyaksikan stalagtid, pelancong dapat menyaksikan ada sendang atau mata air dalam goa.

Ada 4 mata air dalam Goa Jatijajar yakni Sendang Mawar, Kantil, Jombor dan Sendang Puserbumi. Sendang Mawar dipercayai mempunyai manfaat bisa membuat tahan lama muda, hingga beberapa pengunjung yang meluangkan untuk bersihkan muka di Sendang Mawar ini. Goa ini oleh warga sekitaran terkait dengan seorang figur legenda namanya Raden Kamandoko dalam narasi Lutung Kasarung. Hal tersebut selanjutnya divisualisasikan dalam sebuah diorama yang dibikin dalam Goa jatijajar. Posisi tujuan wisata di Kebumen Goa Jatijajar sendiri ada di Dusun Jatijajar Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen.

Goa Barat

Goa Barat
Goa Barat

Tidak jauh dari posisi wisata Kebumen Goa Jatijajar ada goa yang lain tidak kalah unik yakni Goa Barat. Pengunjung dari Goa Barat ini tidak sekitar Goa Jatijajar karena pada intinya Goa Barat ini terhitung wisata adventure. Untuk menyusurinya dibutuhkan perlengkapan khusus dan harus ditemani oleh pemandu caving yang ada di posisi Goa Barat.

TRENDING:  Tempat Wisata Cilacap Jawa Tengah Paling Bagus

Untuk telusuri goa ini setiap peserta dikenakan ongkos 30 ribu per-orang dan akan memperoleh seperti helm, sepatu, senter dan lain-lain. Sesudah masuk mulut goa anda akan disajikan dengan panorama goa yang paling cantik. Stagtid dan stalagmit yang kuat berjajar benar-benar cantik. Dalam Goa Barat ada banyak air terjun dengan bermacam ketinggian. Air terjun yang terpopuler ialah yang paling deras yang oleh beberapa petualang dinamakan superman’s Big Sister.

Goa Petruk

Goa Petruk
Goa Petruk

Untuk anda yang menyukai dengan panorama goa, di Gombong selainnya Goa Jatijajar dan Goa Barat ada juga goa yang lain dapat anda datangi. Goa itu yakni Goa Petruk. Keelokan dan kekhasan dari tempat wisata di Kebumen ini ialah, goa mempunyai tiga lantai. Yang diantaranya ialah Goa Dasar, Goa Hindu dan yang paling akhir ialah Goa Petruk. Untuk anda yang ingin mencari goa ini sampai ujung, jangan sampai cemas dan takut, karena di tempat wisata itu ada juga panitia pemandu, yang bakal selalu mengantarkan anda. Alamat Wisata Kebumen Goa Petruk ialah di dusun Mondoyono, Dusun Candirengga, Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen.

Waduk Sempor

Waduk Sempor
Waduk Sempor

Kabupaten Kebumen mempunyai dua waduk dengan panorama yang cantik yakni Waduk Sempor dan Waduk Wadaslintang. Wisata Kebumen Waduk Sempor ada di Dusun Sempor Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen Jawa tengah. Waduk ini mempunyai panorama yang cantik yakni birunya air waduk dan panorama di sekitar aduk berbentuk bukit-bukit yang hijau. Dalam waduk sendiri anda bisa sewa perahu yang bisa dipakai untuk berkeliling-keliling ke sekitaran waduk.

Arung Jeram Padegolan

Arung Jeram Padegolan
Arung Jeram Padegolan

Tidak seluruhnya wilayah mempunyai wisata berbentuk arung jeram karena untuk membikin wisata ini dibutuhkan sungai dengan arus yang deras. Di Kabupaten Kebumen erdapat objek wisata adventure berbentuk arung jeram yakni Arung Jeram di Sungai Padegolan. Sungai Padegolan ini ada di hulu Waduk Wadaslintang. Sebagai titik awalnya arung jeram ialah di Dusun Sendang Dalam Kecamatan Prembun dan usai di Bendungan Pajengkolan. Di sejauh arus arung jeram anda bisa melihat cantiknya sungai padegolan dan jejeran pohon-pohonan di sejauh sungai.

TRENDING:  12 Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri yang Indah

Gading Splash Water

Gading Splash Water
Gading Splash Water

Gading Splash Water sebagai tempat wisata keluarga di Kebumen yang memikat buat didatangi khususnya untuk masyarakat Kebumen dan sekelilingnya. Gading Splash Water terletak di pusat Kota Kebumen, persisnya cuman 300 mtr. dari Alun-alun Kota Kebumen. Design Kolam renang Gading Splash Water ini benar-benar artistik karena ada kombinasi di antara budaya barat dan timur. Selainnya kolam renang, anda dan keluarga bisa nikmati bermacam amcam fsilitas simpatisan dari kafe, minimarket, fitnes center dan lain-lain.

Objek Wisata Gunung Pranji

Gunung Pranji kebumen
Gunung Pranji kebumen

Tempat wisata di Kebumen ini benar-benar pas untuk anda yang ingin nikmati situasi romantisme di pegunungan bersama pasangan anda. Tempat Wisata Gunung Pranji ini berada di dusun Pengaringan dan Watulawang. Panorama gunung ini akan cantik bila disaksikan di waktu malam hari, ini karena anda akan disuguhi dengan berkilaunya bintang yang seakan melingkari kita. Disamping itu, refleksi sinar dari dasar gunung yang disebut lampu dari beberapa rumah warga akan menambak eksotisme panoramanya.

Benteng Van Der Wijk

Benteng Van Der Wijk
Benteng Van Der Wijk

Selainnya populer dengan Wisata alamnya, Kabupaten Kebumen ada sebuah wisata riwayat yakni di Benteng Van Der Wijk. Benteng Van Der Wijk merupaka tempat yang paling monumental karena sebagai warisan aman Penjajahan Belanda. Nama Van Der Wijk diambil dari sebuah nama yang ada di pintu benteng. Kemungkina nama ini sebagai nama salah satunya komandan yang pimpin Benteng Van Der Wijk pada periode itu. Benteng Van Der Wijk jadi populer karena di posisi ini pernah jadi sebagai posisi film kece asal Indonesia yakni The Raid 2 : Berandal. Bila anda pernah melihat film ,tentunya akan akrab dengan benteng ini. Ya, Benteng Van Der Wijk ini jadi posisi ambil gambar saat episode tawuran dalam penjara.

Demikian 12 Tempat Wisata Di Kebumen Yang Menarik Untuk Didatangi. Perlu kami peringatkan jika Kabupaten Kebumen bukan hanya mempunyai 12 objek wisata di atas, tetapi ada beberapa objek wisata yang lain yang pantas untuk didatangi. Mudah-mudahan info di atas dapat menolong menambahkan rujukan tempat wisata anda dengan keluarga. Janganlah lupa jika bertandang ke Kebumen untuk meluangkan beli Oleh-Oleh Ciri khas Kebumen yakni berbentuk Jenang sabum, lanthing, sale pisang dan lain-lain. Selamat liburan dan mudah-mudahan liburan anda membahagiakan.

About Pasha Yogi Pranata

Bermimpilah Setinggi Mukin Karna DI Dunia Nyata Itu Tidak Seindah Mimpi Mu.

Check Also

Wisata Pantai Pulau Merah di Banyuwangi

Tempat Wisata Pantai Pulau Merah di Banyuwangi Keindahannya Bikin Takjub

MasPasha.com – Tempat Wisata Pantai Pulau Merah di Banyuwangi Keelokannya Buat Kagum, Tempat Wisata Paling …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *