12 Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri yang Indah

By | 7 Januari 2022

MasPasha.com – 12 Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri yang Indah, Tempat Wisata Paling indah – Kabupaten Wonogiri sebagai salah satunya kabupaten yang ada di Jawa tengah dan masuk ke bekas karesidenan Surakarta. Lokasi Kabupaten Wonogiri ialah di samping selatan dari Kota Solo. Kabupaten Wonogiri bersebelahan dengan Kabupaten Karanganyar dan Sukoharjo di samping utara, sisi selatan bersebelahan langsung dengan Samudera Indonesia, samping timur bersebelahan dengan Kabupaten Ponorogo, Pacitan dan Magetan Jawa Timur dan sisi barat bersebelahan dengan Kabupaten Gunung Kidul Yoyakarta.

12 Wisata Wonogiri Jawa tengah Opsi

Daerah selatan Wonogiri yang bersebelahan dengan Laut selatan mengakibatkan Kabupaten Wonogiri mempunyai beberapa objek wisata pantai yang cukup cantik. Tetapi karena minimnya pengaturan dan promo dari pemeritah mengakibatkan tempat wisata pantai di Wonogiri kurang demikian ramai didatangi. Berikut 12 Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri yang Indah secara lengkap :

Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Berbicara mengenai wisata di Wonogiri rasanya tidak komplet jika tidak mengulas Waduk Gajah Mungkur. Tempat Wisata Waduk Gajah Mungkur sudah menjadi satu diantara icon wisata di Wonogiri. Waduk Gajah Mungkur terletak cuman memiliki jarak sekitaran 3 km dari Kota Wonogiri. Waduk ini sebagai waduk bikinan yang dibuat untuk maksud pertanian.

Waduk Gajah Mungkur mulai dibuat di tahun 1970 dan usai di tahun 1978. Waduk Gajah Mungkur mempunyai luas sekitaran 8800 ha dan bisa mengaliri beberapa ribu hektar sawah di Kabupaten sukoharjo, Sragen, Karanganyar dan Klaten. Sekarang ini di okasi Waduk Gajah Mungkur dijadikan tempat wisata yang ramai didatangi oleh beragam pelancong dari beragam wilayah. Pelancong bisa nikmati pemandangan waduk yang indah dan nikmati beragam hasil ikan dari waduk yang paling sedap.

Pantai Nampu

Pantai Nampu

Pantai Nampu

Tempat Wisata Pantai Nampu di Kabupaten Wonogiri ini mempunyai panorama pasir putih dan batu karang yang paling cantik. Pantai ini dapat disebut masih asri dan sedikit tersentuh manusia. Udara pantai yang fresh dan bersih jadi daya magnet tersendiri. Pantai Nampu ini ada di Kecamatan paranggupito Wonogiri, untuk meraihnya bisa dilaksanakan dengan naik bus umum dari Kota Solo ke Kecamatan paranggupito. Ticket masuk benar-benar murah yakni cuman sejumlah 2000 rupiah.

TRENDING:  Tempat Wisata di Kediri Paling Banyak Dikunjungi

Pantai Banyutowo

Pantai Banyutowo

Pantai Banyutowo

Tempat wisata pantai di Wonogiri yang ini ada di Kecamatan Paranggupito. Persisnya Pantai Banyutowo ada di Gudangharjo kecamatan Paranggupito Wonogiri. Nama pantai ini “Banyutowo” mempunyai makna air tawar. Memiliki arti di pantai ini ada air tawar yang dari beberapa sungai di sekelilingnya. Di pantai ini ada panorama berbentuk batu karang yang indah hingga sayang sekali untuk dilewati.

Pantai Sembukan

Pantai Sembukan

Pantai Sembukan

Selainnya Pantai Nampu dan Banyutowo teryata di Kecamatan Paranggupito ada juga pantai yang lain yakni Pantai Sembukan. Pantai ini selainnya mempunyai panorama yang indah dijadikan tempat bermeditasi dan ngalap karunia untuk warga sekitaran pantai. Di saat tertentu di lokasi Pantai Sembukan ini diselenggarakan acara larung dan wayangan sebagai bentuk rasa sukur ke Si Pembuat. Selainnya untuk tempat wisata, di Pantai Sembukan jadi lokasi memancing yang tentu saja menyenangkan.

Air Terjun Setren

Air Terjun Setren

Air Terjun Setren

Jika di Kabupaten Karanganyar mempunyai Air Terjun Tawangmangu, di Wonogiri mempunyai tempat wisata berbentuk air terjun yakni Air Terjun Setren. Air Terjun Setren ada di Desa Setren Kecamatan Slogohimo Wonogiri. Letak air terjun ini sekitaran 30 km arah timur dari Kota Wonogiri. Tiap hari lokasi wisata ini ramai didatangi oleh beberapa pelancong yang umumnya oleh pasangan muda-mudi dan beberapa pencinta alam.

Arena Papan Luncur Olahraga Gantole

Arena Papan Luncur Olahraga Gantole

Arena Papan Luncur Olahraga Gantole

Gantole dan paralayang sebagai salah satunya olahraga yang cukup melawan hingga dibutuhkan nyali yang tinggi. Di Kabupaten Wonogiri ada tempat khusus yang bisa dipakai untuk olahraga gantole ini. Tempat ini ada di bukit Desa Sendang. Tempat papan luncur ini telah terbiasa dipakai oleh olahragawan gantole dan paralayang tingkat jawa Tengah. Ada 2 tingkat ketinggian, yakni 200 mtr. dan 400 meter. Untuk anda yang ingin coba olahraga ini dapat segera tiba ke Wonogiri.

TRENDING:  12 Tempat Wisata di Magelang Yang Cocok Untuk Liburan

Wisata Religius Kahyangan

Wisata Spiritual Kahyangan

Wisata Spiritual Kahyangan

Wisata Religius ini umumnya dipakai oleh masyarakat untuk tirakat dan nenepi. Dalam tradisi Jawa tirakat ini umumnya untuk raih satu arah. Wisata Religius Kahyangan ada di Kecamatan Tirtomoyo wonogiri. Menurut masyarakat sekitaran, kahyangan sebagai tempat di mana pendiri kerajaan Mataram Sutowijoyo lakukan tirakat. Dalam tirakatnya ini Sutowijoyo bisa berbicara dengan Ratu Kidul dan lakukan perjajian untuk membuat Kerajaan Mataram. Dalam riwayat memang Kerajaan Mataram ini pada akhirnya bisa kuasai tanah Jawa dan menjadi satu diantara kerajaan yang dihormati di nusantara.

Goa Putri Kencono

Goa Putri Kencono

Goa Putri Kencono

Goa Putri Kencono mempunyai panorama yang paling indah yakni berbentuk stalagtid dan stalagmid di sejauh goa. Goa ini mempunyai kekhasan tertentu yakni mempunyai luas sekitaran 1000 m2 dan lajurnya yang bisa menmbus bukit disebaliknya. Goa Putri Kencono ada di Desa Wonodadi Kecamatan Pracimantoro Wonogiri atau memiliki jarak 40 km dari Kota Wonogiri.

Museum Wayang Indonesia

Museum Wayang Indonesia

Museum Wayang Indonesia

Museum Wayang Indonesia yang ada di Wonogiri ini mempunyai keserupaan dengan Museum Wayang yang ada di Jakarta yakni sama simpan koleksi berbentuk wayang yang disebut peninggalan kebudayaan adiluhung warga Jawa. Wayang sebagai koleksi museum ini ada beragam jenis salah satunya ialah wayang kulit, wayang suket, wayang golek, kedok dll. Karena ada museum wayang ini diharap menjadi sarana evaluasi untuk muda-mudi untuk mengenali salah satunya kebudayaan asli Indonesia. Museum Wayang di Wonogiri ini persisnya ada di Kecamatan Wuryantoro.

TRENDING:  Tempat Wisata Paling Terkenal DI Inggris

Museum Karst Dunia

Museum Karst Dunia

Museum Karst Dunia

Museum karst Dunia ini ada di Desa Gebangharjo Kecamatan Pracimantoro Wonogiri atau memiliki jarak sekitaran 38 km dari Kota Wonogiri ke selatan. Pemahaman Karst berdasar Wikipedia ialah satu bentuk permukaan bumi yang secara umum diidentikkan karena ada stres tertutup (closed depression), drainase gua, dan permukaan.

Wilayah ini dibuat khususnya oleh pelarutan bebatuan, umumnya batu gamping. Karst yang berbentuk pegunungan kapur ini menghampar dari Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Pacitan. Museum Karst dunia dibuat untuk maksud sediakan info mengenai teritori karst ke seluruh pihak untuk kebutuhan ilmu dan pengetahuan, pengajaran, wisata yang memiliki sifat mendidik, pendayagunaan warga dan pelestarian.

Alas Kethu

Alas Kethu

Alas Kethu

Alas Kethu di Wonogiri sebuah rimba di di wilayah Kota wonogiri selebar 40 ha yang dijadikan paru-paru Kota. Alas Kethu Wonogiri banyak pohon-pohonan yang sudah berusia beberapa ratus tahun seperti jati, kayu putih dan mahoni. Konon dulu di saat pembangunan KEraton Surakarta, salah satunya material yang dipapai ialah kayu dari Alas Kethu Wonogiri. Kayu-kayu ini dihanyutkan lewat Bengawan Solo sampai ke Solo.

Air Terjun Binangun Watu Jadah

Air Terjun Binangun Watu Jadah

Air Terjun Binangun Watu Jadah

Air Terjun Binangun Watu Jadah sebagai tempat wisata yang terselinap di Wonogiri. Tempat ini sedikit orang yang mengetahui, karena untuk capai tempat ini diperlukan perjalanan darat dengan jalan kaki sekitaran satu jam, melalui sawah dan bukit-bukit Pegunungan Lawu Selatan. Air Terjun Binangun Watu Jadah ini berada di daerah Desa Grenjeng, Desa Girimulyo, Kecamatan Jatipurno, Wonogiri.

Demikianlah 12 Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri yang Indah dan mamiliki kekuatan peningkatan wisata yang tinggi. Tempat wisata Wonogiri itu jika di buat dan dipropagandakan dengan serius segera dapat menambahkan Penghasilan asli Wilayah yang cukup besar.

Author: Pasha Yogi Pranata

Bermimpilah Setinggi Mukin Karna DI Dunia Nyata Itu Tidak Seindah Mimpi Mu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *