11 Wisata Daerah Siak Yang Perlu Anda Kunjungi

By | 21 Januari 2022

MasPasha.com – Object Wisata Di Kabupaten Siak – Siak Sri Indrapura Sebagai Kabupaten yang memiliki jarak sekitaran 94 Km dari Pekanbaru Propinsi Riau. Kabupaten Siak, Kabupten ke-2 paling kaya ke-2 di Propinsi Riau Sesudah Kabupaten Bengkalis dan terhitung salah satunya Kota Pemroduksi Minyak Di Riau.

Selainnya dua hal di atas, Kabupaten Siak Sri Indrapura ini Memiliki tempat wisata yang banyak di kunjungi. Apa Saja tempat wisata di siak yang terbanyak di datangi ? ini kali kami akan menyuguhkan 11 Wisata Wilayah Siak Yang Perlu Anda Datangi, mudah-mudahan jadi ide anda untuk bertandang ke Siak Sri Indrapura :

Istana Siak Sri Indrapura

Istana Siak Sri Indrapura

Istana Siak Sri Indrapura

Istana Siak Sri Indrapura jadi tempat pertama kita datangi bila kita liburan di Kabupaten Siak. Wisata di Siak satu ini sebagai Istana Istimewa warisan Kesultanan Siak yang sebuah Kerajaan Islam paling besar di Riau pada era 16 – 20 yang lalu.Istana Siak Ini dibangun oleh Sultan Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaiffudin di tahun 1889 m.

Untuk pengunjung kenali, di Istana Siak ini ada alah satu Warisan Riwayat Alat Musik Clasic yang di bumi ini cuman ada 2 buah. 1 biji di negara jerman dan 1 biji kembali di indoensia persisnya ada di Istan Siak. Alat musik classic ini namanya Komet.

Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah

Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah

Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah

Untuk sekedar pengunjung kenali, saat sebelum berdirinya jambatan siak yang istimewa ini warga memakai sampan untuk menebarang atau seberang lewat penyebrangan Teluk Misjid. selainnya jambatan ini jadi icon Kabupaten Siak, pasti jambatan ini benar-benar berguna sekali karenanya jambatan ini dapat menghubung 2 wilayah di atas sungai Siak Besar. oleh Pemerintahan Kabupaten Siak, jambatan ini diberi nama Tengku Agung Sultanah Latifah. nama ini diambil dari nama Permaisuri Raja Sultan Syarif Kasyim II.

Jembatan ini jadi Object Tempat wisata di Siak yang Ke 2 sesudah Istana Siak, selainnya keelokan dan keindahan jembatan siak ini mempunyai kekhasan yang tidak berada di jambatan lainnnya di propinsi riau. Di atas jambatan siak ini berdiri 2 menara kuat yang menambahkan keelokan jambatan ini. untuk naiki menara yang mempunyai ketinggian 80Meter ini, sudah disediakan 2 buah Lift.

kedapannya oleh pemerintahan kabupaten siak, di atas ke-2 menara yang istimewa ini akan dibuat lokasi cafe hingga pengunjung dapat nikmati keindahan pemandangan Kota Siak yang dilalui sungai yang meliuk bak satu ekor naga.

TRENDING:  12 Tempat Wisata di Pekalongan yang Banyak dikunjungi Wisatawan

Balai Kerapatan Adat Siak

Balai Kerapatan Adat Siak

Balai Kerapatan Adat Siak

Balai Kerapatan Adat Siak (Pintu Masuk dari Arah Sungai) Balai Kerapatan Adat Siak (dari Jalan Raya)
Balai Kerapatan Adat Siak jadi Object tempat wisata di siak. Balai Kerapatan Adat Siak dibangun di tahun 1886 di periode pemerintah Sultan Syarif Hasyim, Sultan Siak ke XI.

Pembangunannya dilaksanakan secara bergotong-royong oleh warga yang mempelajari daerah Datuk Empat Suku, yakni Datuk Suku Tanah Datar, Datuk Suku Pesisir, Datuk Suku Lima Puluh, dan Datuk Suku Kampar. Balai yang dibikin untuk Pengukuhan Beberapa Raja ini, di fungsikan untuk tempat di selenggarakan permufakatan oleh beberapa pejabat pekerjaan dan tempat diselenggarakan persidangan.

Balai yang memilik dua arah pintu masuk ini, di mana pintu masuk yang satu bertemu pada jalan raya dan yang satu bertemu dengan sungai dibuat di tempat sekitaran 4477.00 m2 dengan luas bangunan 1205.00 m2.

Bangunan yang berupa pentas dan ada dua lantai atau dua tingkat ini di dalamnya ada Ruangan khusus, ruangan sidang, ruangan panitera, dan ruangan tungggu yang berada di baian atas. sedang di bagain bawah ada tiga ruang yang di fungsikan sebagai kantor untuk beberapa tuan kadi kerjaaan.

Masjid Raya Syahabudin

Masjid Raya Syahabudin

Masjid Raya Syahabudin

Masjid yang dibuat di tahun 1926 oleh Sultan Assayyidis Syarif Kasim Abdul Jalil Saefudin berada 500 mtr. dari Istana Siak, Masjid ini diberi nama Masjid Raya Syahbudin. selainnya jadi Tempat Beribadah umat muslim, Masjid ini jadi tujuan pengunjung bila berekreasi ke istana siak. Masjid ini sebagai warisan bersejarah kerajaan siak.

Masjid Raya Syahabuddin yang bentuk bangunan cukup unik ini. sebagai kombinasi style Timur tengah dan Melayu. Selainnya indah dan unik, ada satu perihal yang dapat kita temui dalam Masjid ini, yakni balkon dari kayu yang berukiran pola bunga dan daun.

Selainnya nilai nilai Bersejarah yang bisa digali infonya oleh pengunjung, pengunjung dapat berkunjung warisan monumental yang lain satu komplek dengan masjid ini.

Kapal Kato Kesultanan Siak

Kapal Kato Kesultanan Siak

Kapal Kato Kesultanan Siak

Kapal Kato Kesultanan Siak sebuah kapal besi berbahan bakar batu bara yang
dipunyai oleh Sultan Siak di saat itu. Kapal ini sebagai kenderaan yang dipakai Sultan Siak untuk mengunjung Beberapa daerah Kekuasaan Kerajaan Siak. Dapat disebut Kapal Kato ini ialah Mobil Dinas Kepala Pemerintah pada periode saat ini ini.

TRENDING:  Berlibur Ke Penangkaran Buaya di Teritip Balikpapan

Kapal Kato ini memiliki ukuran panjang 12 m dengan berat 15 ton, dijadikan monumen oleh pemerintahan siak yang berada tidak jauh dari sungai siak agar Angkatan mendatang ketahui akan riwayat Pekerjaan Siak.

Komplek Makam Raja Siak

Komplek Makam Raja Siak

Komplek Makam Raja Siak

Komplek Makam Raja Siak sebagai warisan riwayat yang mempunyai nilai budaya yang patut dan tinggi untuk dilestariakan dan bisa menjadi Object Wisata.

Di komplek Makam Raja siak ini pengunjung bisa saksikan secara langsung, makam dari Sultan Kerajaan Siak Yang Ke Empat (Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah), Makam Sultan Yang Ke-5 (Sultan Muhammad Ali abdul jalil muazzam shah), Makam Dari menantu dari sultan alam yang disebut Panglima Perang Kerajaan Siak (Sayid Osman Syahabuddin), Makam istri Alamudin Sah (Sultana Khodijah atau Daeng Tijah), Makam Istri Sayid Osman Syahabuddin (Tengku Embong Badariah), dan Makam Cucu Sultan Alam (Sayid Zen Al Jufri)

Queen Star Waterpark Siak

Queen Star Waterpark Siak

Queen Star Waterpark Siak

QUEEN STAR Waterpark, sebagai hanya satu Waterpark yang adi di kabupaten siak. Di waterpark ini pengunjung dapat habiskan waktu bermain sekalian menusukti beragam jenis sarana air yang paling seru. Umumnya QUEEN STAR Waterpark akan ramai di datangi di hari liburan, seperti hari minggu dan hari liburan nasional.

Taman Kota Siak Sri Indrapura

Taman Kota Siak Sri Indrapura

Taman Kota Siak Sri Indrapura

Untuk Pengunjung yang sudah berkeliling-keliling ke wisata yang berada di siak, tidak ada salah melepaskan capek di taman kota ini. Selainnya istirahat di taman ini, kita bisa juga nikmati panorama yang indah disekitaran taman sekaligus berselfi riang di antara istirahat.
Tidak cuman hanya itu, dari taman kota ini kita dapat menyaksikan dari terlalu jauh begitu keelokan dan indah jambatan siak yang di sanggah dua menara yang berdiri kokoh.

Turap Siak

Turap Siak

Turap Siak

Selainnya taman kota siak dijadikan tempat istirahat, banyak pula beberapa dari pengunjung yang berekreasi ke siak melepaskan capek di Turap Siak. Awalannya turap ini dibikin untuk menjegah berlangsungnya abrasi di tepi sungai siak, tapi saat ini di dekat turap ini di faedah oleh beberapa pedagang dengan membuat beberapa warung kecil untuk jualan minum dan makan dan sediakan service Wifi Gratis. Ini pasti membuat kita yang istirahat sekalian santai dapat kerasan lama-lama di turap siak.

TRENDING:  12 Tempat Wisata di Garut yang Paling Banyak didatangi, Tempat Wisata Paling indah

Sama hal nya di taman kota, di sini pengunjung bisa juga menusukti keindahan sejauh sungai siak dan menyaksikan dari terlalu jauh Jambatan Siak. Untuk sore dan malam hari di turap siak ini kita dapat menyaksikan sunset dan keindahan lampu jembatan siak dari kejauhan.

Danau Alam Zamrud

Danau Alam Zamrud

Danau Alam Zamrud

Danau yang berada di kebun minyak punya Coastal Rencana Pekanbaru (CPP) ada di Desa Zamrud, Kecamatan Siak Sri Indrapura. Danau yang memiliki jarak 180 Km dari pekanbaru ini dapat menempuh sama waktu 3 jam dengan memakai kenderaan beroda 2 atau roda empat.

Untuk pengunjung kenali Danau ini jauh dari permukiman dan terlepas dari hiruk pikuk perkotaan. Di danau ini kta dapat nikmati panorama dan pemandangan alam yang benar-benar menakjubkan dan indah. Di sini kita dapat menumukan beragam tipe satwa sangat jarang yang di lindungi. Seperti Harimau sumatra, Beruang Merah dan beragam tipe satwa lainnya.

Tangsi Belanda Siak

Tangsi Belanda Siak

Tangsi Belanda Siak

Tangsi Belanda ini tinggal berbentuk sisi dinding-dindingnya. Sisi atap, papan lantai ke-2 , pintu, dan jendela telah lenyap. Pada umumnya bangunan benteng Belanda ini telah hancur kronis, tapi wujud aslinya masih bisa dilihat.

Sisa benteng ini terbagi dalam 6 unit bangunan yang membuat skema melingkar hingga ada halaman di dalam. Bangunan I ada di samping timur sebagai bangunan dua lantai, memiliki ukuran panjang 18 mtr. dan lebar 9,6 meter. Lantai bawah terbagi dalam sayap utara yang berperan sebagai ruangan menjaga, ruangan tahanan, dan kantor.

Sayap selatan ada 4 ruang yang dulu sebagai kamar rumah sakit dan mayat. Dua unit bangunan ada di belakang (bangunan II dan III) sebagai bangunan yang serupa memiliki bentuk, memiliki ukuran 15,5 x 11 mtr., berbentuk bangunan dua lantai. Lantai bawah dulu digunakan sebagai kantor dan lantai atas untuk tempat tinggal dan asrama.

Di samping ujung selatan halaman dalam ada beberapa sisa bangunan (Bangunan IV) yang tinggal sisi dinding, lubang lubang pintu, dan jendela. Di samping utara bangunan khusus ada bangunan sisa gudang senjata (Bangunan V) memiliki ukuran 6.7 x 6 meter. Pada ujung barat halaman dalam ada tersisa bangunan WC dan kamar mandi (Bangunan VI) memiliki ukuran 6 meter. Bangunan terdiri dari 3 ruang.

Author: Pasha Yogi Pranata

Bermimpilah Setinggi Mukin Karna DI Dunia Nyata Itu Tidak Seindah Mimpi Mu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *